Washington (ANTARA News) - Empat tahun setelah mengukir sejarah sebagai Presiden pertama AS dari keturuan Afro-Amerika, Barack Obama akan memulai periode keduanya sebagai orang nomor satu Amerika, Senin waktu setempat, di tengah harapan yang tinggi pada empat tahun mendatang.

Jumlah pengangguran yang meningkat dan pertarungan politik serta terbelahnya Amerika, sebut Reuters, telah menusuk optimisme dan harapan yang telah ada ketika pelantikan Obama pada 2009.

Kali ini, pelantikan itu akan disertai sejumlah kecil kerumunan ketika Obama mengangkat tangan kanannya dan diambil sumpah oleh Ketua Mahkamah Agung John Roberts di luar Gedung Capitol AS pukul 11.55 waktu setempat.

Obama akan kembali bersumpah sebagai Presiden AS dan menyampaikan pidato kenegaraan dari sisi barat Gedung Capitol menghadap National Mall.

Diperkirakan lebih dari 700 ribu orang akan menyaksikan pelantikan Obama dan angka itu jauh lebih kecil dibanding pelantikannya pertama pada 2009 yang dihadiri 1,8 juta orang.

Hari Minggu Obama resmi sudah dilantik secara pribadi di Gedung Putih karena persyaratan konstitusional mengharuskan sang Presiden AS disumpah pada 20 Januari.

Penasehat senior David Plouffe mengatakan Obama akan meminta kedua partai untuk bersama-sama menyelesaikan tantangan pada periode jabatannya yang kedua seperti kebutuhan untuk meningkatkan batas pinjaman negara, dorongan memperketat perundangan senjata dan jalur hukum kewarganegaraan untuk imigran gelap.

Setelah pertarungan pemilihan umum melawan kandidat Partai Republik Mitt Romney, tantangan yang dihadapi Obama dan pertarungan politiknya dengan anggota kongres dari Partai Republik telah memecah opini publik tentang prospek pada empat tahun mendatang.

Jajak pendapat yang diselenggarakan NBC / Wall Street Journal pekan lalu menunjukkan 43 persen warga AS optimistis pada empat tahun mendatang, 35 persen pesimistis, dan 22 persen berpendapat keduanya.

Para pejabat keamanan publik telah menutup jalan-jalan di Washington sekitar upacara pelantikan Minggu malam waktu setempat. Keamanan itu juga melibatkan dengan pembatas jalan serta ribuan polisi dan pasukan tentara yang berjaga.

Upacara pelantikan itu juga akan dimeriahkan penyanyi James Taylor, Kelly Clarkson, dan Beyonce.

Obama beserta istri, Michelle, akan bergabung dengan Biden dan istrinya, Jil, pada makan siang di Capitol sebelum kedua pasangan berpawai pelantikan di Jalan Pennsylvania dari Capitol ke Gedung Putih.

Pada pawai itu, Obama mungkin akan keluar dari limousinnya dan berjalan sebagai cara untuk berinteraksi dengan massa.
(I026)

Penerjemah: Imam Santoso
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013