Ini adalah hasil kerja keras bersama seluruh tim KKP yang selama ini berupaya seefektif mungkin melaksanakan kegiatan maupun program kerja dalam membangun sektor kelautan dan perikanan Indonesia.
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) meraih penghargaan sebagai kementerian/lembaga dengan kinerja anggaran terbaik pada 2022 dari Kementerian Keuangan.

KKP menempati peringkat tiga untuk kategori K/L pagu sedang tahun anggaran 2022. Penghargaan ini, menurut Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono merupakan hasil kerja keras KKP dalam membangun sektor kelautan dan perikanan.
 
"Ini adalah hasil kerja keras bersama seluruh tim KKP yang selama ini berupaya seefektif mungkin melaksanakan kegiatan maupun program kerja dalam membangun sektor kelautan dan perikanan Indonesia," katap Trenggono dalam keterangan resminya, Rabu.

Baca juga: KKP pacu SUPM Sorong siapkan SDM mumpuni kelola potensi kelautan Papua
 
Pelaksanaan Kinerja Anggaran Terbaik Tahun 2022 memperhitungkan capaian atas Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) yang dinilai berdasarkan tiga aspek yakni kualitas perencanaan, kualitas pelaksanaan anggaran, dan kualitas hasil pelaksanaan anggaran, serta capaian atas Evaluasi Kinerja Anggaran (EKA).
 
Trenggono memaparkan, pihaknya terus mengupayakan reformasi birokrasi pada unit-unit kerja KKP untuk memastikan transparansi dan akuntabilitas setiap kegiatan yang dilakukan, baik pada layanan perizinan, pendampingan usaha bagi masyarakat kelautan dan perikanan, pembangunan infrastruktur perikanan, hingga peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui satuan pendidikan maupun kegiatan penyuluhan.
 
KKP, lanjut dia, berkomitmen menghadirkan reformasi birokrasi yang berkualitas di setiap unit kerja yang ada di pusat maupun daerah. Bahkan, rutin berkonsultasi dengan BPK guna memastikan program-program yang dijalankan sesuai aturan.

Baca juga: KKP jadikan Rumah Puspita sebagai sentra perikanan inklusif
 
Sementara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengapresiasi peningkatan kualitas dan inovasi belanja anggaran KKP, khususnya dalam membangun model tambak udang berkelanjutan seluas 60 hektare di Kebumen, Jawa Tengah.
 
Dia berharap pembangunan tambak udang di Kebumen berjalan berkelanjutan dan membawa banyak manfaat untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.
 
"Saya melihat banyak dari K/L yang terus meningkatkan kualitas belanja, salah satu yang hadir di sini Bapak Menteri KKP. Beliau minta anggaran ke kami untuk membuat tambak udang. Ini adalah bentuk inovasi belanja yang dilakukan oleh Bapak Menteri KKP," ungkapnya.

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023