Paris (ANTARA) - Festival Film Cannes edisi ke-76 dimulai pada Selasa (16/5) malam waktu setempat, dengan 21 film terpilih bakal bersaing memperebutkan hadiah utama Palme d'Or.

Sutradara Swedia Ruben Ostlund, yang pernah dua kali memenangkan Palme d'Or, menjadi presiden juri festival tersebut. Ostlund menang dengan film "The Square" pada 2017 dan "Triangle of Sadness" pada 2022.

Tujuh dari 21 film yang bersaing memperebutkan Palme d'Or tahun ini disutradarai oleh wanita dan hal tersebut menjadi sebuah rekor baru.
 
   Tiga orang pekerja menggelar karpet merah pada tangga masuk gedung tempat berlangsungnya Festival Film Canes di Paris. Festival film yang tahun ini merupakan edisi ke-76 itu akan digelar dari 16 hingga 27 Mei 2023. (Xinhua)


Karena serikat pekerja mengancam akan memutus pasokan listrik selama beberapa acara besar di Prancis imbas dari reformasi pensiun pemerintah, otoritas setempat telah menempatkan layanan keamanan ekstra di festival tersebut untuk menghadapi potensi ancaman

Festival Film Cannes tahun ini digelar dari 16 hingga 27 Mei, dengan para pemenang akan diumumkan pada upacara penutupan.

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023