Ayo, kita ramaikan acara Semarak JEJAKK Kreatif Indonesia 2023 karena akan banyak kegiatan dan penampilan seru berupa bazar, pameran, pagelaran seni, pameran fesyen, dan masih banyak kejutan lainnya. Salam kreatif
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno optimis acara Semarak Jejaring Kabupaten/Kota (JEJAKK) Kreatif Indonesia 2023 yang diselenggarakan pada 19-21 Mei 2023 di Semarang, Jawa Tengah, mampu menciptakan peluang lapangan kerja baru yang berkualitas.

"Pengembangan program yang tepat sasaran, tepat waktu, dan tepat manfaat dapat menemukan solusi bagi kendala yang dihadapi. Hal ini tentunya akan berdampak positif dalam menciptakan peluang lapangan kerja baru yang berkualitas,” ujar Sandiaga dalam keterangan resmi di Jakarta, Jumat.

Semarak JEJAKK Kreatif Indonesia 2023 dirancang untuk mendorong inisiatif dari setiap kabupaten/kota yang sudah lulus uji petik Penilaian Mandiri Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia (PMK3I) dalam mengadakan kegiatan bersama sebagai wujud komitmen berjejaring dalam skala nasional.

Acara yang rencananya akan diadakan secara rutin setiap tahun di berbagai kabupaten/kota kreatif ini merupakan acara puncak dari pengembangan program Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif).

Perhelatan Semarak JEJAKK Kreatif Indonesia 2023 ini akan dihadiri secara daring dan luring oleh para pelaku ekonomi kreatif dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dari 30 KaTa Kreatif yang sudah ditetapkan oleh pemerintah sebelumnya.

Pagelaran akbar yang diselenggarakan di Kawasan Kota Lama Semarang tersebut merupakan hasil kerja sama antara berbagai pihak seperti Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota, komunitas, hingga para pemangku kepentingan.

Sandiaga menjelaskan, Semarang terpilih sebagai tuan rumah karena Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi yang paling aktif, konsisten, dan menunjukkan komitmen yang nyata dalam mengembangkan ekosistem ekonomi kreatif. Sebagai Ibukota Jawa Tengah, Semarang merupakan kota yang potensial mendatangkan wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.

Selain itu, Semarang memiliki 3A (Atraksi, Amenitas, Aksesibilitas) yang komplit, sehingga kota ini dikunjungi banyak wisatawan. Dengan demikian, Semarang layak menjadi tuan rumah perhelatan tersebut karena posisi yang sangat strategis dan menghadirkan potensi luar biasa.

Acara Semarak JEJAKK Kreatif Indonesia 2023 melibatkan 109 kabupaten/kota ekosistem KaTa Kreatif yang ada di Semarang dan akan dimeriahkan melalui serangkaian acara seperti Semarang Night Carnival, pagelaran orkestra dan seni pertunjukan, pameran fesyen, Forum Diskusi KaTa Kreatif Indonesia, hingga bazar dan pameran produk ekonomi kreatif dari KaTa Kreatif.

Menparekraf menambahkan, acara Semarak JEJAKK Kreatif Indonesia 2023 akan menjadi solusi bagi kreativitas para pelaku ekonomi kreatif dan UMKM agar terus berinovasi dan berkolaborasi demi kebangkitan ekonomi Indonesia. Adapun acara tersebut diselenggarakan secara gratis dan terbuka untuk umum.

Perhelatan Semarak JEJAKK Kreatif Indonesia 2023 juga menjadi salah satu bentuk pembuktian bahwa Indonesia siap menggelar acara-acara bertaraf nasional maupun internasional.

“Ayo, kita ramaikan acara Semarak JEJAKK Kreatif Indonesia 2023 karena akan banyak kegiatan dan penampilan seru berupa bazar, pameran, pagelaran seni, pameran fesyen, dan masih banyak kejutan lainnya. Salam kreatif," tuturnya.

Baca juga: Kemenparekraf susun buku panduan komunikasi krisis kepariwisataan
Baca juga: Kota Lama Semarang dipadati pelancong saat Lebaran 2023
Baca juga: Provinsi Gorontalo deklarasikan pembentukan Kata Kreatif

 

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023