Teheran (ANTARA News) - Pemerintah Iran mengusulkan Kairo menjadi tempat perundingan berikutnya dengan negara besar dunia terkait program nuklirnya dan menyatakan Mesir menyambut baik usulan itu, lapor kantor berita ISNA seperti dikutip AFP.

"Iran telah mengajukan tempat perundingan selanjutnya di Kairo dan saudara kami Mesir telah menyetujuinya," kata Menteri Luar Negeri Iran Ali Akbar Salehi.

"Mesir saat ini tengah berkonsultasi dengan kelompok negara P5+1, yang terdiri dari Amerika Serikat, China, Rusia, Inggris, Prancis dan Jerman," katanya.

Salehi mengatakan konsultasi dilakukan oleh juru runding nuklir Iran Saeed Jalili dan Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Catherine Ashton yang mewakili kelompok P5+1.

"Tanggal dan tempat perundingan akan diumumkan oleh Dewan Tinggi Nasional yang membawahi proses negosiasi nuklir itu," katanya.

Dalam pembicaraan terakhir di Moskow Juni lalu, Teheran menolak permintaan P5+1 untuk menghentikan aktivitas pengayaan uraniumnya, sekaligus meminta sanksi dikenakan kepada mereka sejak 2012 segera dihapus.

(P012/H-AK)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013