"Saya juga kaget, ada mas Gibran, sis Grace masuk, kang Emil masuk. Ini bagian dari kami menanya,"
Solo (ANTARA) -
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menerima kedatangan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha yang berkunjung ke Balai Kota Surakarta dengan keluarga, Jumat.
 
Gibran mengaku senang dengan kunjungan tersebut. Meski demikian, ia enggan menjelaskan kedatangan Giring ke ruang kerjanya membahas Pilkada DKI Jakarta yang sempat dibahas pada Rembuk Rakyat yang digagas oleh PSI DKI Jakarta.
 
"Saya nggak tahu itu rembuk apa, yang dirembuk siapa," katanya singkat.
 
Ia juga enggan menanggapi masuknya nama Gibran menjadi salah satu tokoh yang dinilai mampu memimpin Jakarta.
 
"Nanti saja, saya nggak mikir ke situ," katanya.
 
Terkait hal itu, Giring mengatakan Rembuk Rakyat merupakan gagasan dari PSI DKI Jakarta.
 
"Saya juga kaget, ada mas Gibran, sis Grace masuk, kang Emil masuk. Ini bagian dari kami menanya," katanya.
 
Apalagi, dikatakannya, saat ini PSI DKI Jakarta memiliki satu fraksi di DPRD sehingga harapannya jika pada tahun 2024 partai tersebut dapat meraih 16 kursi maka bisa mengusung gubernur sendiri.
 
"Ini bagian dari demokrasi," katanya.
 
Sementara itu, pada kunjungan tersebut Gibran juga mengapresiasi kemajuan Kota Solo, salah satunya di sektor pariwisata. Ia mengatakan salah satu objek wisata yang banyak digemari masyarakat yakni Solo Safari.
 
"Di Solo banyak destinasi luar biasa untuk keluarga. Banyak yang harus kami pelajari, DKI Jakarta juga harus banyak belajar ke sini," katanya.
 
Bahkan, pada kunjungannya tersebut ia juga mengajak keluarganya berkunjung ke Solo Safari.
 
"Tadi sekalian ajak anak-anak ke Solo Safari, sama sekalian ke Solo Technopark," katanya.
 
Selain itu, Giring juga mengenalkan istrinya Cynthia Riza sebagai bakal calon legislatif (bacaleg) daerah pemilihan Jawa Tengah V.
 
"Mohon doanya Cynthia akan maju jadi caleg DPR RI di Jateng V," katanya.
 
Ia juga mengapresiasi langkah istrinya karena mau keluar dari zona nyaman dengan mendaftar sebagai wakil rakyat di Senayan.
 
"Dia tahu gagasan PSI ingin melanjutkan cita-cita besar pak Jokowi, kuliah gratis, BPJS gratis. Saya bangga sama dia karena dia berani keluar dari zona nyamannya," katanya.
 
Terkait dengan kedatangannya tersebut, ia mengaku karena selama ini ia dan Gibran memiliki hubungan yang baik secara pribadi.
 
"Karena mas Gibran baik banget, sama saya sekeluarga, termasuk keluarga besar pak Jokowi. Kami tegak lurus bersama pak Jokowi karena kami tulus, selalu dukung bapak," katanya.

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023