Pemerintah tentu bangga dengan pencapaian yang pernah diraih oleh Kampung Yoboi pada 2021.
Sentani (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, Papua menyatakan siap untuk mendorong Kampung Yoboi sebagai desa wisata pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024 mendatang.

Penjabat Bupati Jayapura Triwarno Purnomi, di Sentani, Jumat, mengatakan bahwa pemerintah selalu mendukung kegiatan atau gerakan swadaya masyarakat untuk memajukan pembangunan daerah.

“Pemerintah tentu bangga dengan pencapaian yang pernah diraih oleh Kampung Yoboi pada 2021 lalu yang masuk menjadi nominasi 50 besar desa wisata Indonesia,” katanya.

Menurut Triwarno, pihaknya memberikan apresiasi terhadap Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI yang memberi atensi bagi Kabupaten Jayapura, sehingga pada 2021 Kampung Yoboi dapat masuk nominasi 50 besar.

“Pemerintah akan memberikan dukungan dan dorongan bagi Kampung Yoboi, agar pada 2024 dapat kembali mengikuti ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia,” ujarnya.

Dia menjelaskan dukungan pemerintah berupa upaya mempertahankan budaya lokal Suku Sentani yang bernilai kearifan yang tinggi.

“Budaya lokal Suku Sentani yang masih dipertahankan masyarakat Kampung Yoboi yakni kuliner khas dari sagu dan objek wisata jelajah hutan sagu,” katanya lagi.

Dia menambahkan Suku Sentani memiliki kuliner khas dari sagu yakni papeda, selain itu juga dari sagu dapat menghasilkan ulat sagu dan jamur sagu.

“Jadi ketika wisatawan berkunjung di Kampung Yoboi kita akan disuguhkan dengan kuliner lokalnya yang semuanya dari bahan dasar sagu,” ujarnya lagi.
Baca juga: Komunitas D2WNG bantu perlengkapan kedai kopi bagi Pemuda Yoboi
Baca juga: Menteri Sandiaga Uno kunjungi Kampung Yoboi yang masuk daftar ADWI


Pewarta: Agustina Estevani Janggo
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023