Jakarta (ANTARA) - Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto menawarkan beasiswa kepada para santri berprestasi di Mojokerto, Jawa Timur, untuk mengambil gelar sarjana di Universitas Pertahanan (Unhan).

Dia mengatakan tawaran beasiswa itu terbuka untuk seluruh program studi yang ada di Universitas Pertahanan RI.

“Kami membuka beasiswa bagi yang ingin mengajukan. Ada Fakultas Kedokteran, Farmasi, Teknik, Matematika, Biologi. Para santri yang diterima juga bisa belajar perikanan, pertanian, mesin dan sebagainya,” kata Prabowo kepada para santri saat dia berkunjung ke Pondok Pesantren Amanatul Ummah di Mojokerto, Minggu.

Dalam pertemuan itu, Prabowo mengaku bangga terhadap para santri sekaligus pesantren yang menaungi mereka, Pondok Pesantren Amanatul Ummah, karena berhasil mencetak santri-santri berprestasi.

“Kehadiran saya ke sini untuk mendapatkan pencerahan karena mendengar prestasi yang telah dicapai oleh lembaga pendidikan unggulan. Amanatul Ummah telah mendapat penghargaan sebagai pesantren inspiratif di seluruh wilayah Indonesia. Pesantren ini merupakan lembaga pendidikan berbasis agama namun di bidang ilmu modern tidak kalah dengan lembaga pendidikan umum lainnya. Ini sangat penting dan diperlukan negara kita,” kata Prabowo sebagaimana dikutip dari siaran tertulis Kementerian Pertahanan di Jakarta, Minggu.

Prabowo berkunjung ke Ponpes Amanatul Ummah di Mojokerto untuk bersilaturahmi sekaligus berdiskusi dengan para kiai dan santri.

Menhan RI menceritakan sowan kepada para kiai dan ulama merupakan kebiasaan yang dia lakoni sejak berkarier sebagai prajurit TNI terutama saat dia dikirim ke daerah operasi yang rawan konflik dan berisiko tinggi.

Prabowo mengaku dari para kiai dan ulama dia mendapatkan nasehat dan doa.

“Itulah kenapa saya selalu berusaha untuk dekat dengan ulama. Itu pula yang membawa saya datang ke Mojokerto ini. Saya sowan ke kiai untuk berkonsultasi, minta nasehat dan doa,” kata Prabowo.

Usai berkunjung ke Ponpes Amanatul Ummah di Mojokerto, Prabowo melanjutkan perjalanan ke Jombang untuk menemui kiai dan santri di Pondok Pesantren Tebuireng.

Kedatangan Menhan RI di Tebuireng disambut oleh Pengasuh Pesantren Tebuireng KH Abdul Hakim Mahfudz (Gus Kikin), yang mengalungkan sorban putih kepada Prabowo.

Di Tebuireng, Prabowo menyempatkan diri berziarah ke makam makam Presiden ke-4 Republik Indonesia KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Baca juga: Hasto tak ambil pusing soal pertemuan Prabowo dan Gibran di Solo
Baca juga: Survei Polmatrix Indonesia: Elektabilitas Prabowo capai 25,1 persen
Baca juga: Polstat: Dukungan konstituen PDIP tak bulat ke Ganjar Pranowo

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023