Kuota untuk UTBK itu berkisar 1.600 hingga 1.700 kursi dari berbagai fakultas
Bandung (ANTARA) -
Institut Teknologi Bandung (ITB) menyediakan kuota untuk mahasiswa baru yang mendaftar melalui Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sekitar 32 persen dari sebanyak 5.100 kursi penerimaan mahasiswa baru 2023.
 
Kepala Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat ITB Naomi Haswanto mengatakan mengatakan kuota untuk UTBK itu berkisar 1.600 hingga 1.700 kursi dari berbagai fakultas. Sebelumnya, kata dia, ITB pun telah menerima lebih dari 2.000 mahasiswa yang lolos via jalur undangan.
 
"Setelah UTBK kita akan buka untuk seleksi mandiri (SM) yang kuotanya sekitar 16,4 persen. Kemudian sisanya itu kelas internasional," kata Naomi di Bandung, Jawa Barat, Senin.
 
Adapun saat ini Kampus ITB menjadi salah satu tempat pelaksanaan UTBK bagi para calon mahasiswa baru. Pada Gelombang I UTBK, menurutnya ada sebanyak 8.457 orang yang mengikuti UTBK di ITB.
 
Ia mengatakan ITB pun bekerja sama dengan beberapa sekolah di Kota Bandung untuk menggelar Gelombang I UTBK tersebut. Sekolah yang ditunjuk untuk jadi tempat pelaksanaan, kata dia, yakni SMAN 1 Bandung, SMAN 2 Bandung, SMAN 3 Bandung, SMAN 4 Bandung, SMAN 5 Bandung dan SMKN 2 Bandung.
 
Sedangkan untuk Gelombang II UTBK, menurutnya digelar mulai Senin ini di Kampus ITB. Pada gelombang kedua itu, menurutnya ada sebanyak 8.669 calon mahasiswa yang ikut pelaksanaan UTBK.
 
Berbeda dengan gelombang sebelumnya, menurutnya gelombang kedua itu pelaksanaan UTBK hanya digelar sepenuhnya di Kampus ITB.

"Semua peserta akan melakukan ujian di Kampus ITB Kota Bandung yang tersebar di 21 ruang ujian," kata dia.
 
Kemudian menurutnya pendaftaran Seleksi Mandiri (SM) ITB bakal mulai dibuka mulai 29 Mei hingga 23 Juni 2023.

Menurutnya SM ITB diprogramkan sebagai jalur penerimaan mahasiswa program sarjana tanpa subsidi biaya.
 
Pada seleksi itu, kata dia, peserta dapat memilih seluruh fakultas atau sekolah yang ada di ITB, kecuali yang berlokasi di ITB Kampus Cirebon.
 
Calon mahasiswa dapat memilih paling banyak tiga pilihan fakultas atau sekolah yang diminati. Keseluruhannya, kata dia, terdapat 18 program studi yang dapat dipilih di ITB.
 

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023