Beijing (ANTARA) - Presiden China Xi Jinping pada Minggu (21/5) waktu setempat membalas sepucuk surat dari para sukarelawan yang telah membantu pemilahan sampah di komunitas pemukiman di Shanghai, mengungkapkan harapannya yang besar untuk memajukan pemilahan sampah.

Dalam surat tersebut Xi yang juga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Komite Pusat Partai Komunis China dan Ketua Militer Pusat China, mengatakan dia sangat terkesan dengan antusiasme para sukarelawan untuk kesejahteraan masyarakat dan semangat mereka untuk melayani rakyat.

Xi mengatakan dia bersyukur mengetahui bahwa setelah publisitas beberapa tahun terakhir, masyarakat telah membuat kemajuan baru dalam pemilahan sampah, kesopanan warganya telah ditingkatkan dan lingkungannya menjadi lebih indah.

"Pemilahan dan daur ulang sampah adalah proyek sistematis yang membutuhkan upaya bersama dan jangka panjang dari semua pihak, langkah-langkah tepat dan partisipasi aktif penduduk perkotaan dan pedesaan," kata Xi.

Xi mengatakan dia berharap para sukarelawan dapat terus memainkan peran unik dalam pemerintahan akar rumput, melakukan publisitas dengan baik, mendorong lebih banyak warga untuk mengembangkan kebiasaan memilah sampah, mempromosikannya menjadi mode baru kehidupan rendah karbon, dan memberikan kontribusi untuk mempromosikan pembangunan peradaban ekologi dan meningkatkan tingkat peradaban di antara seluruh masyarakat.

Xi telah menaruh banyak perhatian pada pemilahan dan daur ulang sampah, dan membuat banyak instruksi tentang masalah ini. Dalam beberapa tahun terakhir, pemilahan sampah telah dilakukan di 297 kota di atau di atas tingkat prefektur di China, dengan tingkat cakupan rata-rata 82,5 persen di komunitas perumahan. 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023