Kandangan (ANTARA) - Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan Achmad Fikry mendukung dan memfasilitasi Desa Tumingki, Kecamatan Loksado menjadi kampung anggrek.

"Kami berterima kasih dengan program Gerakan Melestarikan Anggrek (Gemar Anggrek) yang dicanangkan dan disertai akan dibangun taman konservasi anggrek di Desa Tumingki," kata Fikry melalui keterangan  di Kandangan, Kabupaten HSS, Selasa.

Dijelaskan Fikry, Pemkab HSS mendukung maksimal segala fasilitas yang ada agar Desa Tumingki menjadi kampung anggrek dan sebagai daerah pelestarian anggrek dengan membangun taman konservasi anggrek.

Selain itu, Fikry menuturkan suatu kehormatan bagi Kabupaten HSS, telah menjadi tuan rumah pelaksanaan peringatan Hari Keanekaragaman Hayati Dunia tingkat Provinsi Kalsel 2023.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Kalsel Hanifah Dwi Nirwana menerangkan Desa Tumingki ditunjuk menjadi kampung anggrek dan sebagai daerah pelestarian anggrek yang terletak di Loksado.

"Loksado mempunyai destinasi wisaya, salah satunya bambu rafting, yang juga merupakan satu situs penting kita dalam Geopark Meratus yang sedang berproses menjadi UNESCO Global Geopark," kata Hanifah.

Menurut Hanifah, hal paling penting di Desa Tumingki karena masyarakat sangat antusias, dan mudah diajak bekerja sama serta bersih di daerah tersebut.

Sementara itu, Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Pemprov Kalsel Sulkan berharap Gemar Anggrek dan taman konservasi anggrek di HSS Desa Tumingki bisa menjadi rujukan wisata kampung anggrek.

Selain untuk wahana wisata baru, dan juga diiringi dengan berkembangnya ekonomi berkelanjutan berbasis jasa lingkungan bagi daerah lainnya.

"Semoga apa yang kita laksanakan pada hari ini dapat memberikan hasil yang bermanfaat, serta membuat lingkungan kita menjadi lebih baik yang dapat diwariskan ke anak cucu kita," ucap Sulkan.

Baca juga: Pemprov Kalsel luncurkan Program Kampung Anggrek
Baca juga: Yogyakarta miliki rintisan kampung pelestarian anggrek Merapi

Pewarta: Imam Hanafi/faturahman
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023