Dijadwalkan kloter pertama jamaah haji Sulut sudah termasuk beberapa orang jamaah haji Kabupaten Bolmong akan diberangkatkan pada tanggal 15 Juni 2023 ke Balikpapan
Manado (ANTARA) - Kementerian Agama (Kemenag) membentuk panitia manasik haji tingkat kecamatan, di Kabupaten Bolaang Mongondouw (Bolmong), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) untuk musim haji 2023 ini.

Kasie Penyelenggaraan Haji dan umrah (PHU) Kemenag Bolmong, Kifli Lamusa, di Bolmong, Selasa, mengatakan pembentukan kepanitiaan manasik itu dilakukan mengingat pelaksanaan penyelenggaraan ibadah haji tahun 1444 Hijriah dari daerah itu tidak akan lama lagi dilaksanakan.

"Dijadwalkan kloter pertama jamaah haji Sulut sudah termasuk beberapa orang jamaah haji Kabupaten Bolmong akan diberangkatkan pada tanggal 15 Juni 2023 ke Balikpapan," katanya.

Karena itulah, kata dia, pihaknya harus segera membentuk panitia manasik haji kecamatan. Kepada para kepala Kantor Urusan Agama (KUA) di kecamatan, ia menegaskan untuk dapat mengatur waktu dan menyesuaikan dengan jadwal manasik yang sudah ditetapkan.

"Jangan sampai tugas dan fungsi sebagai Kepala KUA dan penghulu dapat terganggu," katanya.

Pihaknya juga meminta kepada panitia yang telah terbentuk agar dapat bekerja dengan penuh tanggung jawab dan saling bahu-membahu demi suksesnya manasik.

Pelaksanaan manasik haji ada dua tahapan, yang pertama tingkat kecamatan, dan yang kedua tingkat kabupaten, demikian Kifli Lamusa.

Baca juga: Kementerian Pariwisata Bolaang Mongondouw menjadi manasik haji 2023 di CJH

Baca juga: Kementerian Sulawesi mendistribusikan koper calon jemaah haji

Baca juga: Kualitas santri di Bolaang Mongondow Timur terus ditingkatkan oleh Kemendikbud

Baca juga: Banjir bandang melanda Bolaang Mongondow Raya, Baznas memberikan bantuan


Pewarta: Nancy Lynda Tigauw
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023