Kami bermain dengan baik, secara taktik dan organisasi serangan
Berlin (ANTARA News) - Mario Mandzukic menunjukkan makna dari "yang bernilai" dengan mencetak satu gol dan membantu lahirnya gol lain, ketika pimpinan kompetisi Bundesliga itu menang 2-0 atas VfB Stuttgart pada lanjutan kompetisi Liga Jerman (Bundesliga), Minggu malam waktu setempat.

Ini merupakan kemenangan ke-15 dari 19 pertandingan liga bagi Bayern Munich.

Kemenangan demi kemenangan sebagai "yang bernilai". Kemenangan diraih dengan asa tiada henti, bukan terus bermimpi apalagi tebar pesona sana-sini.

Klub itu kini mengoleksi 48 poin dalam usaha mengincar piala juara setelah dua musim ini tanpa mendapatkan satu gelar pun.

Klub urutan kedua Bayer Leverkusen, dengan raihan 37 poin, kehilangan dua poin di Freiburg, Sabtu, ketika bermain tanpa gol sedangkan sang juara Borussia Dortmund, di urutan ketiga dengan koleksi 36 poin, mengalahkan Nuremberg 3-0 pada laga Jumat.

"Kami bermain dengan baik, secara taktik dan organisasi serangan," kata pelatih Bayern, Jupp Heynckes, yang musim mendatang akan digantikan mantan pelatih Barcelona Pep Guardiola, kepada wartawan.

"Kekurangan yang kami lakukan pada laga babak pertama, tertutup pada babak selanjutnya. Kami bermain dengan mengatur jarak dengan lawan. Itu yang saya minta dilakukan para pemain," katanya.

"Pada babak kedua kami melakukan tekanan dan memaksa mereka melakukan kesalahan," katanya.

Stuttgart pun dengan sigap berhasil menutup berbagai celah yang akan dilalui pemain Bayern pada babak pertama, bahkan berhasil membalas tekanan namun gebrakan Martin Harnik tepat ke arah tangan penjaga gawang Manuel Neuer.

Serangan balik Stuttgart amat tajam, tetapi pemain bertahan Cristian Molinaro membuat Bayern mendapat peluang, ketika bolanya dipotong Mandzukic dan menundukkan penjaga gawang Sven Ulreich ketika mencetak golnya yang ke-12 dalam kompetisi liga pada menit ke-50.

"Kejadian itu amat memalukan, mengapa hal itu bisa terjadi," kata Molinaro. "Setelah gol pertama Bayern memiliki banyak peluang sedangkan kami gagal melakukan sentuhan akhir," katanya.

Gol kedua Bayern lahir bukan karena faktor keberuntungan, tapi karena kepiawaian pemain internasional dari Kroasia itu - ketiga membangun serangan dan mengoper bola kepada Thomas Mueller yang dengan cepat menjebol gawang lawan pada menit ke-72 dengan cara menyontek bola dari jarak dekat.

Stuttgart akhirnya bermain dengan 10 orang, ketika pemain dari Austria Harnik mendapat kartu kuning kedua karena melakukan gerakan keras terhadap Franck Ribery.

Pertandingan sebelumnya

Pada pertandingan sebelumnya, Minggu, Hamburg SV menang 3-2 atas tim yang diperkuat sembilan pemain, Werder Bremen, pada laga derbi di kawasan utama, sehingga naik ke urutan kesembilan dan tetap di jalur yang benar menuju kompetisi Eropa.

Assani Lukimya membuat tim tamu memimpin pada menit kesembilan ketika pemain bertahan itu mengelabui pemain Hamburg Jeffrey Bruma, dengan mencetak gol menggunakan bagian belakang kepalanya.

Hamburg menyamakan kedudukan melalui pemain Korea Selatan Son Heung-min, yang mendapat bola ketika berada pada ruang terbuka di bagian kanan, sehingga dengan jitu menundukkan penjaga gawang Sebastian Mielitz, lewat tendangan keras ke arah bagian sulit pojok gawang.

Tim tuan rumah menggebrakkan dua kali setelah turun minum, melalui Dennis Aogo pada menit ke-46 dan membantu Artjoms Rudnevs menambah angka enam menit kemudian, tetapi pemain bertahan Werder Sokratis Papastathopoulos menjebol gawang lawannya menit ke-54, ketika bola tendangannya meluncur dari bagian bawah kami penjaga gawang Rene Adler.

Perjalanan pertandingan Bremen akhirnya berlangsung dengan 10 pemain ketika kapten Clemens Fritz dikeluarkan dari lapangan karena mendapat kartu hukuman kedua karena bertindak kasar pada menit ke-80.

Pemain pengganti Marko Arnautovic menyusul 10 menit kemudian, karena melakukan kesalahan dan berusaha menendang bola ke arah wasit yang mengeluarkannya setelah mengeluarkan kartu kuning kedua.
(ANT)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2013