warga Ibu Kota untuk mewaspadai potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang dengan durasi singkat di sebagian wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur
Jakarta (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta memprakirakan cuaca perairan dan pelabuhan di DKI Jakarta sebagian besar cerah berawan kecuali Kepulauan Seribu yang berpotensi hujan ringan.

Angin di perairan utara Jakarta dan Kepulauan Seribu pada umumnya bertiup dari arah Timur Laut menuju Tenggara dengan kecepatan 4-15 Knot dan ketinggian gelombang berkisar 0,1 - 0,5 meter (Jakarta Utara) dan 0,5 - 1,25 meter (Kepulauan Seribu), sebut BPBD DKI Jakarta mengacu data resmi https://bmkg.go.id/.

Di kawasan pelabuhan Jakarta diprakirakan suhu udara berkisar 27 hingga 33 derajat Celsius, kelembaban udara antara 68-83 persen, jarak pandang hingga 10 kilometer, dan saat terjadi pasang maksimum pukul 19.00 WIB, ketinggian permukaan laut bisa mencapai 0,8 meter.

Namun belum ada peringatan dini akan terjadi rob, kendati diprediksi rob bisa terjadi karena adanya fenomena fase bulan baru antara 19-24 Mei.

Pantauan tinggi muka air di Pintu Air Pasar Ikan pun pukul 08.00 WIB tadi sudah normal (siaga 4), 170 sentimeter (cm), setelah sebelumnya sempat naik mencapai 229 cm (siaga 2) pada pukul 00.00 WIB dinihari.

Sedangkan di darat, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga Ibu Kota untuk mewaspadai potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang dengan durasi singkat di sebagian wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada Rabu (24/5).

Dilansir dari situs BMKG di Jakarta, Rabu dini hari, kawasan Jakarta Selatan dan Jakarta Timur secara umum diprakirakan akan mengalami cerah berawan pada pagi hari yang dilanjutkan hujan ringan pada siang hingga malam hari, serta kondisi cerah berawan pada dini hari.

Sementara potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang dengan durasi singkat diprakirakan terjadi pada sore hari.

Sedangkan wilayah Jakarta Barat diprakirakan terjadi hujan ringan pada malam hari dengan potensi cerah berawan pada siang, sore, dan dini hari. Suhu berkisar antara 24-32 derajat Celsius.

Sementara itu kawasan Jakarta Pusat, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu, berpotensi cerah berawan sepanjang hari dengan kisaran suhu 25-29 derajat Celsius dan tingkat kelembapan 75-90 persen.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023