Beijing (ANTARA) - Presiden China Xi Jinping menyampaikan apresiasi dan dukungannya melalui sebuah surat balasan kepada perwakilan fakultas dan mahasiswa yang berpartisipasi dalam penelitian dan pengembangan proyek satelit kembar "Macao Science 1" yang berhasil mereka luncurkan belum lama ini.

Dalam beberapa tahun terakhir, kerja sama ilmiah dan teknologi yang semakin mendalam antara Makau dan China Daratan di berbagai bidang, salah satunya adalah kedirgantaraan, mencapai hasil yang patut dipuji, kata Xi.

Presiden Xi juga menambahkan bahwa upaya-upaya untuk menjadikan China sebagai pemimpin global dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, sekaligus untuk memajukan modernisasi China, membuka prospek yang lebih luas bagi universitas-universitas Makau di bidang sains dan teknologi.

Xi mengungkapkan harapannya agar fakultas dan mahasiswa di universitas tersebut selalu meneruskan tradisi baik bagi China dan Makau, mengintegrasikan pembangunan mereka ke dalam pembangunan China secara keseluruhan, serta secara aktif ambil bagian dalam pembangunan Kawasan Teluk Besar Guangdong-Hong Kong-Makau.

Selain itu, Xi pun meminta mereka berkontribusi dalam upaya-upaya Makau untuk mendiversifikasi perekonomiannya secara tepat dan demi keberhasilan praktik "Satu Negara, Dua Sistem" di Makau.

Satelit "Macao Science 1" diluncurkan pada Minggu (21/5) dari Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan di China barat laut. Pihak fakultas dan mahasiswa menulis surat kepada Xi usai peluncuran satelit kembar tersebut.

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023