Memang terdapat perbedaan, tetapi semakin banyak masukan bukannya semakin baik untuk upaya tersebut,."
Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Indonesia dan India tengah menjajaki kerja sama pengentasan kemiskinan demi memperbaiki kualitas hidup masyarakat kedua negara.

"Upaya pengentasan kemiskinan bersama ini sudah dilakukan. Saya pun telah berkomunikasi dengan beberapa menteri terkait di Indonesia," kata Duta Besar India untuk Indonesia, Gurjit Singh, di sela-sela resepsi perayaan Hari Republik India di Jakarta, Senin malam.

Menurut Singh, meskipun memiliki karakter masalah kemiskinan yang berbeda, tetapi kedua negara bisa saling berbagi resep untuk sama-sama berupaya mengentaskan kemiskinan.

"Memang terdapat perbedaan, tetapi semakin banyak masukan bukannya semakin baik untuk upaya tersebut," kata Dubes Singh.

Berdasarkan data Komisi Perencanaan (Planning Commission) India penduduk miskin di negara Bollywood tersebut telah berkurang menjadi 29,8 persen pada 2009-2010 dari sebelumnya mencapai 37,2 persen pada 2004-2005.

Dengan populasi India yang mencapai 1,2 miliar jiwa, maka jumlah penduduk miskin di India pada periode 2009-2010 tersebut adalah 354 juta jiwa. Sementara untuk Indonesia, data Badan Pusat Statistik pada Maret 2012 mencatat sebanyak 29,13 juta jiwa (11,96 persen), berkurang dibandingkan tahun sebelumnya yang berjumlah 30,02 juta jiwa (12,49 persen).

Melalui kerja sama tersebut, Dubes Singh mengharapkan kemajuan yang signifikan bagi kedua negara, yang sama-sama merupakan kekuatan ekonomi yang sedang berkembang di dunia.

Sementara itu di sisi lain, Singh juga memprioritaskan adanya penerbangan langsung antara India dan Indonesia, yang diharapkan akan tercapai pada tahun ini.

"Pemerintah kami telah memberi izin kepada dua maskapai India untuk melakukan penerbangan langsung ke Indonesia, kami harapkan tahun ini proses negosiasinya segera selesai," katanya.

Sebelumnya sejumlah maskapai penerbangan Indonesia juga dikabarkan berencana melakukan ekspansi rute penerbangan ke India. Tiga maskapai Indonesia yaitu Garuda Indonesia, AirAsia Indonesia, dan Lion Air disebut-sebut akan menjalankan penerbangan langsung ke India. (P012/A013)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013