Guangzhou (ANTARA) -  Volume perdagangan antara Provinsi Guangdong di China selatan dan Komunitas Negara-Negara Amerika Latin dan Karibia (Community of Latin American and Caribbean States/CELAC) melampaui 65,5 miliar dolar AS (1 dolar AS = Rp14.905) pada 2022, naik 9,5 persen secara tahunan (year on year/yoy), demikian salah satu hasil dari Forum Sektor Swasta China-CELAC yang digelar pada Rabu (24/5) di Dongguan, Guangdong.

Dengan partisipasi aktif dari perusahaan-perusahaan swasta, Guangdong terus memperkuat pertukaran persahabatan, kerja sama ekonomi, dan kerja sama perdagangan dengan negara-negara Amerika Latin dan Karibia dalam beberapa tahun terakhir.

Provinsi tersebut dan CELAC telah menyandingkan 18 kota dengan kota kembarnya, dan 11 negara Amerika Latin pun telah mendirikan konsulat jenderal di Guangzhou, ibu kota Provinsi Guangdong.

Pada 2022, nilai tambah ekonomi swasta Guangdong mencapai 6,98 triliun yuan (1 yuan = Rp2.113), dan total nilai impor dan ekspor ekonomi swasta provinsi itu mencapai 4,87 triliun yuan, menurut pemerintah provinsi tersebut.

Guangdong akan terus mempromosikan keterbukaan tingkat tinggi, dan membangun lingkungan bisnis yang berorientasi pasar, berbasis hukum, dan telah mengalami internasionalisasi untuk memperdalam kerja sama ekonomi swasta dengan negara-negara Amerika Latin dan Karibia.

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023