Asuransi Parametrik Weather Index untuk memproteksi para petani dari risiko perubahan cuaca.
Jakarta (ANTARA) - PT Zurich General Takaful Indonesia (Zurich Syariah) meluncurkan produk Asuransi Parametrik Weather Index untuk melindungi lebih dari 1.500 petani kopi di Aceh.

Presiden Direktur Zurich Syariah Hilman Simanjuntak mengatakan, dengan adanya Asuransi Parametrik Weather Index, Zurich Syariah berkomitmen untuk mewujudkan visi perusahaan yang berkelanjutan (sustainable) dengan memberikan data informasi curah hujan hingga penyelesaian klaim asuransi apabila para petani mengalami gagal panen akibat faktor cuaca.

“Dari produk-produk baru yang kami kembangkan, yang menjadi kunci inovasi yang terus kami kembangkan di syariah ialah Asuransi Parametrik Weather Index untuk memproteksi para petani dari risiko perubahan cuaca. Hingga saat ini kami sudah memproteksi lebih dari 1.500 petani kopi di Aceh,” kata Hilman, di Jakarta, Kamis.

Ia menjelaskan prosedur cara kerja dari Asuransi Parametrik Weather Index. Pertama, tim Zurich Syariah akan mencatat data yang ditangkap oleh satelit cuaca, kemudian memantau dan menginformasikan data bulanan kepada petani. Lalu, jika curah hujan menjadi pemicu gagal panen, maka Zurich akan memproses biaya klaim untuk diberikan ke petani.

Lebih lanjut, Hilman menilai produk asuransi dengan model berkelanjutan tersebut perlu untuk diimplementasikan, mengingat Aceh berperan sebagai salah satu daerah penghasil kopi terbesar keempat di dunia.

Industri kopi memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. Industri ini memberdayakan sekitar 1,86 juta keluarga petani, serta menyumbang 16,15 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) nasional.

“Bisa dibayangkan, Indonesia merupakan produsen kopi terbesar nomor empat di dunia, dan industri ini memberikan penghasilan kepada sekitar 1,86 juta penduduk. Dan industri ini pada 2021 memberikan kontribusi sekitar 16 persen dari GDP Indonesia. Para petani ini juga perlu kita perhatikan, karena akses mereka terhadap produk-produk finansial sangat terbatas," katanya pula.
Baca juga: Zurich berencana konversi jadi asuransi syariah
Baca juga: Zurich Syariah hadirkan layanan digital untuk dukung wisata halal


Pewarta: Bayu Saputra
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023