Bandarlampung (ANTARA) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenenag) Bandarlampung Makmur mengatakan 15 calon haji asal kota itu membatalkan perjalanan ibadah hajinya.

"Dari 1.361 calon haji, 15 orang yang batal berangkat ibadah karena mengundurkan diri," kata, Makmur di Bandarlampung, Kamis.

Dia mengungkapkan bahwa berdasarkan data, hingga kini baru 15 calon haji yang mengundurkan diri karena berbagai alasan seperti sakit, tidak bergabung dengan mahram dan lain-lain.

"Sehingga, dengan adanya calon haji mengundurkan diri, saat ini calon haji asal Lampung yang pasti berangkat sebanyak 1.346 jamaah," kata dia.

Baca juga: Wali Kota Bandarlampung lepas keberangkatan jamaah calon haji

Baca juga: IDI Bandarlampung libatkan 29 dokter cek kesehatan JCH


Namun, jumlah tersebut bisa saja bertambah apabila terdapat mutasi jamaah ke kelompok terbang (kloter) Bandarlampung.

"Keberangkatan jamaah haji Bandarlampung di bagi menjadi lima kloter, dan keberangkatan kloter pertama akan dilaksanakan pada 27 Mei 2023," ujarnya.

Sementara itu, Kepala seksi PHU Kemenag Bandarlampung H. Musal Badri Kesuma berpesan kepada jamaah agar menjaga kesehatannya serta menyiapkan dokumen-dokumennya sebelum keberangkatan.

"Kami juga menghimbau kepada jamaah agar mempersiapkan pakaian sesuai keperluan, dan dilarang atau tidak membawa barang-barang
yang terlarang dalam penerbangan," kata dia.

Kemudian, juga diminta melaksanakan rukun dan wajib haji sesuai syariat sesuai tuntunan, serta selama berhaji agar lebih sabar, khusyuk dan saling menolong sesama jamaah, khususnya dari Kota Bandarlampung.

"Terakhir kami minta jamaah menjaga kesehatan, mengutamakan ibadah wajib dahulu baru yang sunnah, kemudian selalu ikuti dan patuhi aturan yang sudah ditetapkan dan disampaikan oleh petugas," kata dia.*

Baca juga: Kemenag: 6.785 calon haji Lampung telah lunasi BIPIH

Baca juga: Pemprov Lampung: Kloter awal jamaah haji direncana terbang 23 Mei

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023