Lanzhou (ANTARA) - Provinsi Gansu di China melaporkan pertumbuhan perdagangan luar negeri dalam empat bulan pertama 2023, di mana volume perdagangannya dengan negara-negara di sepanjang wilayah sabuk dan Jalur Sutra membukukan pertumbuhan tahunan (year on year/yoy) sebesar 16,3 persen, tunjuk data bea cukai setempat.   

Dari Januari hingga April, total nilai perdagangan luar negeri Provinsi Gansu mencapai 21,2 miliar yuan atau sekitar 3 miliar dolar, naik 0,8 persen (yoy). Nilai impor dari dan ekspor ke negara-negara sabuk dan Jalur Sutra menyumbang 55,4 persen dari keseluruhan perdagangan luar negeri provinsi itu, dengan jumlah total 11,75 miliar yuan.

Sementara itu, perdagangan Provinsi Gansu dengan negara-negara anggota Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (Regional Comprehensive Economic Partnership/RCEP) mencatatkan pertumbuhan (yoy) yang mencolok sebesar 53,2 persen ke angka 6,1 miliar yuan.

Secara spesifik, ekspor produk mekanis dan listrik dari Provinsi Gansu dalam empat bulan pertama di 2023 mencapai 2,5 miliar yuan atau naik 61,4 persen dari periode yang sama di tahun sebelumnya.

Selama periode yang sama, impor nikel matte mencatatkan pertumbuhan substansial sebesar 179,9 persen, mencapai 2,17 miliar yuan. 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023