Jakarta (ANTARA) -
Persija Jakarta resmi merekrut pemain Jepang Ryo Matsumura dengan ikatan kontrak berdurasi tiga tahun untuk menyambut kompetisi Liga 1 musim 2023/2024.

Ryo merupakan pemain ketiga yang didatangkan Persija pada bursa transfer kali ini, setelah lebih dulu mendatangkan Rizky Ridho dan Akbar Arjunsyah.

"Saya sangat senang menjadi bagian Persija dan menyenangkan rasanya bisa bermain sepak bola di depan Jakmania," kata Ryo seperti dikutip dari laman resmi Persija.

"Saya akan melakukan yang terbaik untuk meraih gelar juara Liga 1 bersama Persija di musim mendatang," tambahnya.

Ryo mengawali karier profesionalnya dengan bermain di Jepang selama enam tahun. Pada periode tersebut, ia pernah memperkuat Vissel Kobe, Tochigi SC, Tokushima Vortis, dan Nagano Parceiro.
 
Pada 2018, ia mencoba melebarkan sayap ke luar negeri. Ryo kemudian bermain untuk klub Liga 2 Thailand Rayong FC.

Baca juga: Maman Abdurahman dan Tony Sucipto masih bela Persija musim depan

Setelah bermain bagus di Rayong, Ryo direkrut oleh klub Liga 2 Thailand lainnya Chiangmai FC. Berbekal catatan bagus selama bermain di dua klub divisi kedua Thailand, ia pun dipinang oleh klub strata pertama Thailand BG Pathum United pada 2021.
 
Di BG Pathum United, Ryo turut membawa klub itu memenangi gelar Thailand Champions Club. Setelah itu ia dipinjamkan ke klub Police Tero FC pada pertengahan musim.
 
Ryo kemudian dipinjamkan oleh BG Pathum United ke Persis Solo pada 2022 untuk membela klub di Liga 1 musim 2022/2023. Di Persis, pemain 28 tahun itu kembali tampil bagus dengan catatan 28 penampilan, 11 gol, dan enam assist. Penampilan bagus yang membuatnya kemudian diminati oleh klub ibukota Persija Jakarta.
 
Di Persija, Ryo akan mengenakan kaus bernomor punggung tujuh. Sebelumnya nomor tersebut dikenakan oleh Rezaldi Hehanusa yang kini telah merapat ke klub rival, Persib Bandung.

Baca juga: Persija Jakarta umumkan perpisahan dengan Osvaldo Haay
Baca juga: Jaimerson Xavier dipastikan masih berseragam Persis Solo musim depan

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023