Barang masih tersedia, harga masih terkendali, sehingga harga barang masih terjangkau masyarakat.
Pangkalpinang (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Suganda Pandapotan Pasaribu meninjau pasar tradisional Kota Pangkalpinang untuk memastikan stabilitas harga kebutuhan pokok masyarakat di ibu kota provinsi ini.

"Semua kebutuhan pokok masyarakat di Kota Pangkalpinang tetap tersedia dan harga kebutuhan pokok masyarakat cukup stabil," kata Suganda Pandapotan Pasaribu, usai meninjau Pasar Pagi Pangkalpinang, Sabtu pagi.

Ia mengatakan dalam menjaga stabilitas stok dan harga sembako, seperti telur ayam, beras, daging ayam, sapi dan kebutuhan pokok masyarakat lainnya, Pemprov Kepulauan Babel tetap melakukan koordinasi dengan Bulog, distributor sembako, supaya ketersediaan beras dan kebutuhan pokok lainnya tetap tersedia.

"Barang masih tersedia, harga masih terkendali, sehingga harga barang masih terjangkau masyarakat," ujarnya.

Kepala Disperindag Kepulauan Babel Tarmin AB menyatakan ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan, seperti daging ayam potong, telur, namun hal itu terjadi dikarenakan oleh keadaan secara nasional.

"Pak Pj Gubernur telah berbicara dengan distributor baik itu terkait daging ayam, telur, dan sejenisnya, mereka telah menyampaikan terkait beberapa komoditi yang mengalami kenaikan," ujarnya pula.

Ia berharap supaya para pengusaha yang bergerak di bidang tersebut agar harga kebutuhan pokok tetap stabil dan lebih baik, kalau harga kebutuhan pokok masyarakat bisa menurun bisa meringankan beban masyarakat yang ekonomi lemah.

"Tingkat inflasi kita paling rendah se-Indonesia, ini merupakan hasil kerja dari semua pihak," katanya lagi.

Menurut dia, salah satu langkah Pemprov Babel untuk menekan harga kebutuhan pokok masyarakat dengan secara rutin melakukan pantauan harga barang di setiap sentra perdagangan, sehingga dapat melakukan langkah-langkah yang terbaik untuk hal tersebut.

"Dengan kehadiran Pj Gubernur Suganda dan rombongan di Pasar Pagi Pangkalpinang ini disambut oleh para pedagang, sekaligus mengutarakan harapan mereka supaya pemerintah daerah selalu memperhatikan kondisi ekonomi di Babel agar tetap lebih baik," kata dia pula.
Baca juga: Babel menambah pasokan minyak goreng 372,9 ton
Baca juga: Babel gencarkan operasi pasar tekan kenaikan harga beras

Pewarta: Aprionis
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023