Banyak pemain Persipura yang berniat bergabung dengan Timnas, hampir sebagian besar ingin bergabung tapi yang mereka dapati adalah pelarangan oleh manajemen tim,"
Jakarta (ANTARA News) - Wakil Manajer Tim Nasional Nico Dimo mengatakan banyak pemain Persipura Jayapura yang berkinginan bergabung dengan skuat Garuda guna menghadapi Pra Piala Asia 2013, namun mereka terhalang oleh sikap manajemen tim.

"Banyak pemain Persipura yang berniat bergabung dengan Timnas, hampir sebagian besar ingin bergabung tapi yang mereka dapati adalah pelarangan oleh manajemen tim," kata Nico saat menggelar jumpa pers di Kantor Pengurus Besar PSSI, Jakarta, Kamis.

Nico menyebutkan setidaknya dua nama selain Stevie Bonsapia --yang berinisiatif mendatangi timnas tanpa mengindahkan pelarangan dari Persipura--yaitu Boaz Solossa dan Imanuel Wanggai.

Ia mengharapkan Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo dapat segera turun tangan secara langsung untuk menyelesaikan persoalan pelarangan pemain ke timnas tersebut.

"Inilah yang bisa kami lakukan, kami berharap agar Menpora bisa menyikapi hal ini supaya anak-anak Persipura dapat segera membela Timnas," ujar Nico.

Nico juga mengatakan bahwa pemain Persipura Stevie Bonsapia akan segera menyelesaikan urusannya dengan pihak klub untuk kemudian bergabung dengan timnas.

Urusan tersebut adalah kesepakatan antara Stevie dan Persipura bahwa ia akan mengembalikan nilai 50 persen kontrak yang sudah diterimanya untuk mendapatkan paspornya dari pihak klub.

"Permintaan Persipura, Stevie harus kembali dahulu ke manajemen tim untuk menghadap pada Ketua Harian mereka, dan diminta menandatangani perjanjian untuk mengembalikan 50 persen nominal kontrak yang sudah dia terima," kata Nico.

"Saya harap besok pagi atau sore, Stevie sudah berada di Jakarta, kemudian berangkat bergabung ke timnas di Dubai," katanya menambahkan.

Persetujuan pemberian paspor Stevie oleh pihak klub tidak lain dari kesanggupan PSSI untuk menalangi uang yang harus dibayarkan Stevie kepada Persipura.

"Mereka sebelumnya mematok batas waktu tujuh hari, tapi kami meminta ditahan menjadi 14 hari setelah selesai melakoni laga di Dubai," kata Nico.

Terkait dengan beberapa pemain Persipura lain yang berkeinginan masuk ke dalam timnas, Limbong mengatakan bahwa PSSI tidak akan siap apabila mereka berinisiatif dan berujung pada permintaan 50 persen kembali uang kontrak para pesepakbola tersebut.

Meski demikian, Limbong mengajukan diri untuk merogoh koceknya sendiri apabila memang Boaz Solossa dan Imanuel Wanggai betul-betul mengikuti jejak Stevie.

"PSSI jelasnya tidak siap karena posisinya susah, untuk biaya perjalanan ke Amman saja kesulitan, tapi Limbong siap menalangi," kata dia.

Selain itu, diketahui bahwa PSSI menyanggupi untuk mencarikan klub baru bagi Stevie Bonsapia menyusul pemecatannya oleh pihak Persipura.

(G006/D007)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013