Tingginya tingkat kepercayaan masyarakat terhadap media yang mencapai 77 persen menunjukkan keyakinan masyarakat akan demokrasi Indonesia yang kuat. Bahkan, Indonesia menjadi negara dengan tingkat kepercayaan media tertinggi diantara 26 negara yang k
Jakarta (ANTARA News) - Hasil riset Edelman Trust Barometer 2013 menunjukkan bahwa tingkat kepercayaan masyarakat terhadap media di Indonesia masih menduduki salah satu posisi tertinggi di dunia, yaitu mencapai 77 persen.

"Tingginya tingkat kepercayaan masyarakat terhadap media yang mencapai 77 persen menunjukkan keyakinan masyarakat akan demokrasi Indonesia yang kuat. Bahkan, Indonesia menjadi negara dengan tingkat kepercayaan media tertinggi diantara 26 negara yang kami survei," kata kata Direktur Strategi Korporasi Edelman Indonesia Henri Mananpiring di Jakarta, Kamis.

Dia menyebutkan bahwa persentase tingkat kepercayaan responden Indonesia kepada media sebesar 77 persen itu jauh lebih tinggi dari rata-rata tingkat kepercayaan responden global, yang hanya sebesar 57 persen.

Survei Edelman Trust Barometer itu dilakukan dari 16 Oktober 2012 hingga 28 November 2012 terhadap 1.200 responden yang terdiri dari 1.000 orang dari kalangan umum dan 200 orang dari kalangan "well informed", yakni kalangan dengan pendidikan tinggi dan pendapatan kelas menengah ke atas.

Selanjutnya, Henri menjelaskan bahwa tingkat kepercayaan masyarakat terhadap berbagai jenis media mempunyai persentase hampir rata, yaitu 75 persen terhadap media tradisional, seperti koran majalah, radion, dan televisi; 76 persen terhadap media on line; 68 persen terhadap media sosial; dan 67 persen terhadap media yang dimiliki oleh perusahaan.

"Jadi, berbagai media tersebut semuanya dianggap sebagai sumber informasi yang cukuo terpercaya. Namun, secara khusus, media sosial dipercaya oleh 68 persen responden Indonesia, hampir tiga kali lipat lebih besar dibandingkan dengan responden di negara-negara maju yang hanya sebesar 26 persen," paparnya.

Hal tersebut, menurut CEO Global Practices Edelman Alan VanderMolen, disebabkan masyarakat Indonesia menyukai informasi yang diperoleh dengan cara berdialog dengan kerabat dan kawan sejawat di media sosial.

"Selain itu, masyarakat Indonesia cenderung butuh mendengarkan suatu informasi sebanyak empat hingga enam kali sebelum mempercayai bahwa informasi itu benar, baik berita yang isinya positif maupun negatif," ujar Alan.

Edelman merupakan perusahaan public relation (PR) dengan kantor-kantor yang tersebar di 66 kota di beberapa negara.

Edelman Trust Barometer 2013 merupakan survei tahunan perusahaan tersebut tentang kepercayaan dan kredibilitas dari empat lembaga, yaitu pemerintahan, dunia bisnis, media, dan lembaga swadaya masyarakat (LSM).

(Y012/D007)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013