Beijing (ANTARA) - Juru bicara Kementerian Pertahanan Nasional China Tan Kefei mendesak Amerika Serikat memenuhi komitmennya dan mengikuti Konvensi Senjata Kimia (CWC) dengan bertindak nyata.

Pernyataan tersebut disampaikan Tan dalam sebuah konferensi pers saat menanggapi pernyataan AS yang mengeklaim akan memusnahkan persediaan senjata kimianya pada musim gugur tahun ini.

Menurut Tan, sejak CWC diberlakukan 26 tahun lalu, lebih dari 99 persen cadangan senjata kimia di dunia telah dimusnahkan.

Tujuh dari delapan negara yang menyatakan memiliki cadangan senjata kimia telah menyelesaikan pemusnahan senjata kimia mereka.

Tan juga mengatakan proses pemusnahan senjata kimia yang ditinggalkan Jepang di China berjalan sangat lambat, dan rencana pemusnahan telah berkali-kali mundur dari jadwal awal pelaksanaan.

China mendesak Jepang agar meningkatkan rasa urgensinya dan mendorong langkah untuk memastikan bahwa senjata kimia yang ditinggalkan ini dimusnahkan secepatnya dengan bersih dan saksama, kata Tan.

Pewarta: Xinhua
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2023