Seoul (ANTARA) - Menteri pertahanan Korea Selatan dan Australia pada Selasa sepakat untuk meningkatkan kerja sama pertahanan, kata Kementerian Pertahanan Korea Selatan.

Menteri Pertahanan Korea Selatan Lee Jong-sup bertemu dengan Menteri Pertahanan Australia Richard Marles di sela-sela konferensi tingkat tinggi (KTT) Korea Selatan-Kepulauan Pasifik yang digelar di Seoul.

Lee menyatakan keinginan militer Korea Selatan untuk bergabung dengan Indo-Pacific Endeavour (IPE), sebuah latihan militer multinasional yang dipimpin Australia, dan Operasi Render Safe, yaitu kegiatan menghilangkan ranjau laut di Samudera Pasifik yang dilakukan oleh tentara Australia.

Kedua negara itu sepakat untuk melakukan pertemuan tingkat kerja sebagai bagian dari langkah guna merevisi nota kesepahaman yang ditandatangani pada 2011 yang bertujuan meningkatkan kerja sama industri pertahanan.

Marles juga bertemu dengan Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol dan mendiskusikan upaya bersama untuk memperluas kerja sama dengan negara-negara Kepulauan Pasifik, kata juru bicara kepresidenan.

Sumber: Reuters

Baca juga: Koarmada III hadirkan dua kapal perang perkuat pertahanan Laut Pasifik
Baca juga: Jepang sambut baik meningkatnya keterlibatan NATO di Indo-Pasifik
Baca juga: China: AUKUS bawa kerugian, bukan manfaat di Asia Pasifik
Baca juga: Papua Nugini dan AS tandatangani kerja sama pertahanan

Penerjemah: Raka Adji
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2023