Jakarta (ANTARA) - Layanan kesehatan reproduksi program bayi tabung atau in vitro fertilization (IVF) berstandar Internasional asal Thailand, yaitu Deep & Harmonicare IVF Center (DHC) secara resmi membuka kantor perwakilan di Indonesia.

DHC yang berlokasi di Menara Standard Chartered Lantai 2, Jakarta Selatan, ini akan menyediakan layanan konsultasi serta mendampingi para calon orang tua hingga berhasil menimang buah hati.

“Kehadiran kantor perwakilan DHC di Indonesia tidak lepas dari problem infertilitas yang menjadi momok bagi pasangan,” kata Vice President Director Deep & Harmonicare IVF Center (DHC) Thailand Andrew Song di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Morula-CIMB Niaga kerja sama pembiayaan bayi tabung

Baca juga: RSUD Biak sediakan layanan klinik bayi tabung pertama di Tanah Papua


Andrew menjelaskan berdasarkan data Kementerian Kesehatan pada 2022, terdapat empat sampai enam juta pasangan atau 10 sampai 15 persen dari 39,8 juta pasangan usia subur mengalami masalah infertilitas atau ketidaksuburan.

Oleh sebab itu, DHC IVF Centre Thailand membuka kantor perwakilan di Indonesia untuk membantu mengatasi persoalan infertilitas yang dihadapi para pasangan, khususnya di Indonesia maupun di kawasan Asia Tenggara.

Kantor Perwakilan DHC Indonesia akan menjadi penghubung dengan DHC IVF Centre Thailand yang menyediakan teknologi reproduksi canggih, terbaru, dan berkelas dunia, mulai dari fase pra-perawatan hingga selama proses perawatan.

“Ini termasuk sampai berhasil menjemput buah hati di negeri gajah putih,” ujar Andrew.

Komitmen tersebut semakin menguat berkat kemajuan laboratorium DHC kelas dunia yang dibangun oleh ahli embriologi senior berstandar ESHRE serta dengan dukungan tim ahli dan profesional yang berpengalaman lebih dari 20 tahun.

Selain itu, juga terdapat peralatan medis modern dan canggih, yakni Fertilization chamber, Embryoscope Plus, Hitachi Arietta 65 Ultrasound Machine, Mediland Amax 9000 operation bed, GE avance CS2 dan lainnya.

Baca juga: Infertilitas masih jadi masalah utama pasutri sulit miliki anak

Baca juga: Ahli: Peluang keberhasilan bayi tabung ditentukan oleh usia ibu


Direktur DHC Indonesia Yolanda Gracia mengklaim bahwa rata-rata tingkat keberhasilan komprehensif DHC mulai dari angka kehamilan hingga persalinan mencapai lebih dari 75 persen.

Sementara itu, beberapa layanan yang ada pada DHC, antara lain meliputi Intrauterine insemination (IUI) atau inseminasi buatan, IVF/ICSI atau teknik injeksi sperma intrasitoplasmik, Embryoscope Plus dan IMSI atau Intracytoplasmic Morphological Sperm Injection.

Kemudian, PGT untuk pengujian genetik pada embrio, MACS SPERM atau Magnetic Activated Cell Sorting untuk memisahkan spermatozoa yang baik, TESE/PESA untuk mengumpulkan sel sperma serta Freezing Technology untuk mengawetkan sperma, sel telur, dan embrio.

Dalam grand openeing ini, DHC Indonesia menawarkan berbagai solusi, termasuk konsultasi gratis dengan dokter dan ahli dari Thailand, peluang promo Money Back Guarantee, Lucky Dip diskon 40 persen untuk pembelian Fertilaid, dan lainnya.

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023