Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengajak pengusaha baik usaha masyarakat kecil menengah (UMKM), perusahaan swasta dan lainnya untuk bergabung dan berkolaborasi dalam program mitra co-branding Wonderful Indonesia.
 
"Inilah program yang akan terus kita gelorakan dan kita mengajak lebih banyak mitra untuk menggunakan co-branding Wonderful Indonesia di produknya," ujar Sandiaga dalam Wonderful Indonesia Co-Branding Forum 2023 yang digelar di Jakarta, Selasa.
 
Hingga kini, lanjut dia, sebanyak 110 mitra yang hadir, sebanyak 80 mitra telah menjadi mitra co-branding sementara sisanya atau 30 merupakan mitra potensial.
 
Adapun bagi pemilik jenama atau usaha dari berbagai sektor yang ingin bergabung dan menyematkan logo Wonderful Indonesia atau terdaftar dalam program ini tidak dikenakan biaya apapun, hanya akan dikurasi terlebih dahulu.

Baca juga: Sandi apresiasi mitra Wonderful Indonesia yang dukung produk lokal
 
Gelaran acara atau event-event diluar Karisma Event Nusantara (KEN) serta desa wisata juga disebut Sandiaga dapat bergabung dalam program ini.
 
Menparekraf pun menawarkan solusi yang menguntungkan kedua belah pihak. Sementara itu, ia menargetkan sebanyak 20-30 persen dari 110 mitra dapat bergabung dan terkurasi.
 
"Tidak berbayar. Ini bebas dan konsepnya win-win, ini adalah kolaborasi gotong royong dan jika mereka penjualannya meningkat maka juga citra Indonesia dan pembayaran pajak dan penerimaan negara meningkat," ujarnya.
 
Adapun program ini merupakan perjalanan dari co branding yang telah diciptakan sejak tahun 2017 yang diinisiasi Menparekraf saat itu, Arif Yahya.

Baca juga: Kemenparekraf jalin kerja sama dengan 15 mitra co-branding
 
Berkembang menjadi Visit Indonesia akhir 2008, kemudian pada 2011 diperkenalkan sebagai logo resmi kementerian, dan di 2015 ditambahkan Pesona Indonesia, dan hingga pada 2018-2019 ditingkatkan sampai tahun ini.
 
Ia menyebut program co-branding ini merupakan program andalan dan program yang betul-betul diunggulkan untuk menopang kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif Tanah Air.
 
Sementara terkait logo Wonderful Indonesia saat ini dinilai masih relevan dengan simbol tarikan lima sila Pancasila, keindahan alam serta keramahan masyarakat Indonesia.

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023