Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua melalui Badan Perbatasan dan Kerja sama Luar Negeri (BPKLN) setempat menargetkan pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di Kampung Pund, Distrik Waris, Kabupaten Keerom pada 2023.

Kepala Badan Perbatasan dan Kerja sama Luar Negeri (BPKLN) Provinsi Papua Suzana Wanggai, di Jayapura, Rabu, mengatakan pihaknya sedang mendorong adanya pembangunan perbatasan di Kabupaten Keerom.

“Karena Indonesia tidak hanya Papua, tapi juga melihat semua, sehingga kami berharap mudah-mudahan tahun ini bisa terbangun, bukan hanya darat tapi juga laut,” katanya.

Menurut Suzana, dalam membangun PLBN harus berdasarkan​​ Instruksi​​​​​ Presiden (Inpres) sehingga pihaknya terus mendorong ke sana agar bisa dibangun.

“Pembahasan pembangunan PLBN Waris juga menjadi salah satu agenda pembahasan para Rapat Koordinasi (Rakor) pengendalian pengelolaan perbatasan negara pada 2023 di Jakarta pada Kamis (25/5) lalu,” ujarnya.

Dalam arahan Rakor juga, Pemprov Papua diharapkan dapat memperhatikan keamanan dan kesejahteraan masyarakat di lingkungan sekitar, sehingga perekonomian dapat berjalan dengan baik dan lancar.

“Kami diminta oleh Menteri Dalam Negeri selaku Kepala Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) untuk lebih memperhatikan pintu masuk di PLBN karena merupakan wajah bangsa,” katanya lagi.

Dia menambahkan Presiden telah membangun PLBN sehingga tinggal bagaimana pemerintah daerah mengisinya seperti festival atau kegiatan lainnya.

“Di perbatasan sudah ada pasar-pasar tinggal bagaimana kami menghidupkan lagi agar perekonomian daerah di perbatasan bisa lebih optimal lagi,”ujarnya lagi.

Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2023