... Atas nama pemerintah dan rakyat Thailand dan Shinawatra menyampaikan belasungkawa kepada Hun Sen... "
Phnom Penh, Kamboja (ANTARA News) - Perdana Menteri Thailand, Yingluck Shinawatra, tiba di Kamboja untuk menghadiri kremasi Raja Kamboja, Norodom Sihanouk, yang telah berpulang. Shinawatra ditemui Perdana Menteri Kamboja, Hun Sen, Senin, di Istana Perdamaian ibu kota. 

Atas nama pemerintah dan rakyat Thailand dan Shinawatra menyampaikan belasungkawa kepada Hun Sen.

Dia juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Hun Sen untuk meminta Raja baru Kamboja, Norodom Sihamoni, memberikan pengampunan kerajaan bagi seorang aktivis Baju kuning Thailand, Ratree Pipatanapaiboon, dan mengurangi hukuman bagi seorang aktivis Jaringan Patriot Thailand, Veera Somkwamkid.

Kamboja membebaskan Ratree dan mengurangi hukuman penjara untuk Veera pada Jumat lalu dalam rangka menandai pemakaman Sihanouk.

Sepasang aktivis Thailand itu dijatuhi hukuman oleh pengadilan Kamboja dengan masing-masing enam tahun dan delapan tahun penjara karena masuk ke dalam pangkalan militer yang berarti melanggar hukum dan spionase.

Dalam pertemuan tersebut, Hun Sen mengucapkan terima kasih kepada Shinawatra atas kunjungannya ke Kamboja untuk menghadiri upacara kremasi Raja Sihanouk, yang akan digelar Senin malam ini.

Sihanouk memerintah Kamboja pada periode 1941-1955 dan lagi dari 1993 sampai pengunduran sukarelanya pada 7 Oktober 2004 untuk mendukung kenaikan tahta putranya, Raja Norodom Sihamoni saat ini.

Dia meninggal secara alami dan damai pada usia 90 tahun di ibu kota China Beijing pada 15 Oktober tahun lalu.

Mendiang raja menderita berbagai bentuk kanker, diabetes dan hipertensi serta telah dirawat oleh para dokter China di Beijing selama bertahun-tahun sebelum kematiannya.

(H-AK/S004)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013