Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengikuti upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Kamis, dengan mengenakan busana adat Melayu berwarna hijau tosca.

Wapres khidmat mengikuti jalannya prosesi Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 yang dipimpin Presiden Joko Widodo selaku inspektur upacara.

Sebagai informasi, sesuai Surat Edaran Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Nomor 1 Tahun 2023 tentang Pedoman Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023, pelaksanaan upacara dilaksanakan secara luring dan berpusat di Lapangan Monas, Jakarta.

Edaran ini juga mengatur seluruh instansi pemerintah di tingkat pusat dan daerah, serta kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri dan institusi pendidikan untuk melaksanakan upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 secara luring di tempat masing-masing.

Dikutip dari surat edaran ini, Tema Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 adalah “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”.

Presiden Joko Widodo sendiri terlihat mengenakan pakaian adat Kesultanan Deli berwarna hitam dan nuansa emas dilengkapi dengan keris dan penutup kepala.

Selain Presiden dan Wapres, sejumlah pejabat yang hadir dalam upacara antara lain para menteri Kabinet Indonesia Maju, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Ketua DPR Puan Maharani, Ketua MPR Bambang Soesatyo dan Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Hadir pula Ketua Dewan Pengarah BPIP Megawati Soekarnoputri.

Dalam Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, para tamu undangan yang hadir juga mengenakan pakaian adat.

Baca juga: Jokowi: Pemerintah bisa berganti tapi perjuangan tak boleh berhenti

Baca juga: Waka MPR ajak fokus bangun kesejahteraan peringati Harlah Pancasila

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2023