Kaki kiri mengalami luka robek bekas gigitan satwa dilindungi ...
Lubukbasung,- (ANTARA) -
Seorang warga Maua Hilia, Jorong Kayu Pasak Timur, Nagari Salareh Aia, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Usan (48) diserang buaya muara saat mencari ikan di Sungai Batang Masang pada Rabu 31 Mei 2023 sekitar pukul 23.00 WIB.
 
Ketua Unit Tim Patroli Anak Nagari (Pagari) Salereh Aia, Rano Karno di Lubukbasung, Sumatera Barat (Sumbar), Kamis, mengatakan Usan mengalami luka robek pada bagian kaki kiri.
 
"Kaki kiri mengalami luka robek bekas gigitan satwa dilindungi Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya," katanya.

Baca juga: Batang Masang meluap, warga Tiku Agam khawatir diserang buaya
 
Ia mengatakan korban diserang buaya muara ketika mencari ikan menggunakan jala atau jaring lempar bersama tiga orang temannya Sikah, Peli, dan Andi. Saat itu buaya dengan panjang sekitar tiga meter itu terkejut dan langsung menyerang korban dengan menggigit pada kaki bagian kiri.
 
Melihat kondisi korban diserang, lajut dia, ketiga kawannya langsung menolong dan buaya melepaskan gigitan itu sehingga korban langsung dibawa pulang.
 
"Ini keterangan yang saya peroleh dari korban dan ketiga temannya," kata Rano.
 
Sementara Pelaksana Harian Kepala Seksi Konservasi Wilayah I BKSDA Sumbar, Rusdiyan P Ritonga, menambahkan Tim Pagari Salareh Aia telah turun ke lokasi setelah mendapatkan informasi ada konflik manusia dengan satwa liar jenis buaya muara.

Baca juga: DIserang buaya di sungai, seorang warga Madina-Sumut terluka
 
"Ini respons awal ketika ada warga diserang buaya dan langsung disikapi Tim Pagari Salareh Aia yang kita bentuk," katanya.
 
Ia mengakui sungai tersebut merupakan habitat buaya muara, sehingga tidak mungkin buaya itu ditangkap atau ditranslokasi.
 
Untuk penanganan di lapangan, BKSDA bakal membuat spanduk atau papan peringatan di sekitar lokasi kejadian. Spanduk dan papan peringatan berisikan imbauan agar masyarakat agar berhati-hati beraktivitas di area tersebut karena ada buaya.

Baca juga: BKSDA duga warga Agam meninggal di Sungai Masang diserang buaya muara
 
 
 

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023