Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (ANTARA/Business Wire)- Falcon 40B diluncurkan oleh Technology Innovation Institute (TII). Falcon 40B, model AI open-source yang terkemuka dan berskala besar di UEA, kini bebas royalti bagi penggunaan komersial dan keperluan penelitian untuk memenuhi permintaan dunia akan akses inklusif ke AI.

Falcon 40B menduduki peringkat ke-1 di Leaderboard Hugging Face untuk Large Language Model (LLM) dan mengalahkan model lain seperti LLaMA dari Meta dan StableLM dari Stability AI. Dengan lisensi perangkat lunak Apache 2.0 yang permisif, pengguna akhir Falcon 40B dapat mengakses hak paten apa pun yang tercakup oleh perangkat lunak ini. Apache 2.0 menjamin keamanan dan ketersediaan perangkat lunak open-source yang aman dan kuat serta menetapkan model tata kelola yang efektif.

Akses tak terbatas oleh TII ke Falcon 40B ini membuktikan dedikasinya terhadap inovasi teknologi dan untuk berbagi pengetahuan, membina ekosistem kerja sama, dan memperkuat posisi UEA sebagai pemimpin AI di seluruh dunia. Dan juga memperlihatkan komitmen UEA untuk mendobrak batasan dalam membentuk masa depan di mana AI berperan penting dalam mendorong perubahan positif.

Penggunaan Falcon 40B open-source dan bebas royalti ini dapat memperkuat entitas sektor publik maupun swasta dengan berbagai efisiensi seperti proyek lebih cepat dimulai, iterasi lebih cepat, proses pengembangan perangkat lunak yang lebih fleksibel, dukungan berbasis komunitas yang kuat, dan manajemen lisensi yang lebih mudah.

TII ingin menumbuhkan ekosistem yang berkembang dalam hal kerja sama, inovasi, dan berbagi pengetahuan di kalangan pengembang, peneliti, dan bisnis di seluruh dunia. Langkah ini mendorong transparansi, inklusivitas, dan kemajuan yang dipercepat di AI untuk dunia, sehingga membuka dapat digunakan di seluruh industri dan sektor.

Kata Dr. Ebtesam Almazrouei, Direktur AI Cross-Center Unit di TII: “Menghapus royalti Falcon 40B akan mendorong kemajuan teknologi yang inklusif bagi masyarakat yang bersatu padu. Kami berkomitmen menggunakan teknologi untuk menyatukan umat manusia dan membuat dunia ini tetap bertahan di kemudian hari.”

Untuk informasi lebih lanjut tentang model dan pendaftaran AI Falcon 40B open source saat ini, harap kunjungi: FalconLLM.TII.ae.


Untuk informasi lebih jauh, kunjungi www.tii.ae

*Sumber: AETOSWire


Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.



Kontak

Jennifer Dewan, Direktur Senior Bidang Komunikasi



Sumber: The Technology Innovation Institute

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023