Amerika bisa bernafas lega, lega karena dalam proses ini kita menghindari gagal bayar,
Washington (ANTARA) - Senat AS berada di jalur yang tepat untuk mengesahkan RUU buat menaikkan plafon utang pemerintah sebesar 31,4 triliun dolar AS pada Kamis (1/6/2023) malam, Pemimpin Mayoritas Demokrat Chuck Schumer mengumumkan, menambahkan, "Kami menghindari gagal bayar malam ini."

Semua 100 senator mencapai kesepakatan untuk memperdebatkan hingga 11 amandemen dan kemudian segera memberikan suara untuk mengesahkan undang-undang tersebut, sebelum batas waktu Senin (5/6/2023) untuk menangguhkan batas utang hingga 1 Januari 2025.

Jika rencana tersebut berhasil, Kongres akan segera mengirimkan RUU tersebut kepada Presiden Joe Biden untuk menandatangani, mencegah bencana gagal bayar, kata Schumer.

DPR mengesahkan RUU itu pada Rabu (31/5/2023).

Baca juga: RUU plafon utang AS lewati DPR dengan dukungan bipartisan yang luas

"Amerika bisa bernafas lega, lega karena dalam proses ini kita menghindari gagal bayar," kata Schumer dalam sambutannya kepada Senat.

Ekspektasinya, amandemen tersebut tidak akan mendapatkan dukungan yang cukup untuk dilampirkan ke undang-undang. Jika salah satu dari mereka melakukannya, tindakan tersebut harus dikirim kembali ke Dewan Perwakilan Rakyat, yang dapat meningkatkan kemungkinan gagal bayar pertama kali atas pembayaran utang Washington.

Schumer dan rekannya dari Partai Republik Pemimpin Minoritas Mitch McConnell berjanji untuk melakukan semua yang mereka bisa untuk mempercepat RUU yang dinegosiasikan oleh Biden dan Ketua DPR dari Partai Republik Kevin McCarthy, yang akan menangguhkan batas utang, pada dasarnya menghapusnya untuk sementara, dengan imbalan pembatasan pengeluaran.

Baca juga: Wall St ditutup lebih tinggi di tengah optimisme kemajuan plafon utang

Departemen Keuangan telah memperingatkan bahwa mereka tidak akan dapat membayar semua tagihannya pada 5 Juni jika Kongres gagal bertindak.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023