"Dari belasan calon anggota Bawaslu Malut ikut tes tertulis melalui sistem CAT dan tes psikologi, delapan orang diantaranya dinyatakan lolos,"
Ternate (ANTARA) - Tim Seleksi (Timsel), calon anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Maluku Utara (Malut) menyatakan, sebanyak delapan orang calon anggota Bawaslu Malut dinyatakan lolos ke tahap selanjutnya.

"Dari belasan calon anggota Bawaslu Malut ikut tes tertulis melalui sistem CAT dan tes psikologi, delapan orang diantaranya dinyatakan lolos," kata Ketua Timsel Arwan Mhd. Said dihubungi, Kamis.

Menurut dia, kedelapan calon anggota Bawaslu Malut dinyatakan lolos diantaranya Rusli Saraha, Buchari Mahmud, Sumitro Muhamadia, Ikbal Ali, Ismet A GAfur, Dr Fahrul Abdul Moid, Bahruddin Tosofu dan Sulfi Majid.

Dia menyebut, kedelapan calon anggota Bawaslu Malut ini akan menggantikan dua Komisioner Bawaslu Malut Fahruil Abdul Moid dan Ikbal Ali yang akan mengakhiri masa jabatannya pada tahun 2023 untuk bersama-sama tiga Komisioner Bawaslu Malut lainnya yakni Hj Masita Nawawi Gani, Suleman Patras dan Adrian Yoro Naleng masa bakti 2022-2027.

Arwan menjelaskan, delapan calon anggota Bawaslu Malut yang dinyatakan lolos ini akan mengikuti tes selanjutnya yakni pemeriksaan kesehatan pada 5 hingga 6 Juni 2023, tes wawancara pada 7 hingga 8 Juni 2023.

Oleh karena itu, dirinya berharap agar masyarakat dapat memberikan tanggapan secara tertulis terhadap calon anggota Bawaslu Malut terkait dengan mereka yang saat ini dinyatakan lolos ke tahap selanjutnya.

Sebelumnya, Timsel kembali perpanjang masa pendaftaran calon anggota Bawaslu Provinsi Malut periode 2023-2027 karena minim pendaftaran.

Menurut dia, hingga penutupan pendaftaran calon anggota Bawaslu Provinsi Malut terdapat 17 peserta.

Arwan mencatat, jumlah pendaftar sebanyak 17 pendaftar, di mana pendaftar laki-laki berjumlah 16 orang dan perempuan 1 orang.

Selanjutnya dari 17 pendaftar, berkas yang dinyatakan lengkap berjumlah 13 pendaftar dan 4 pendaftar menunggu perbaikan berkas. Untuk perbaikan berkas dimulai dari tanggal 4 hingga 6 Mei 2023.

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023