Saya akan meminta perizinan dari Kementerian Perhubungan untuk bisa di buka penerbangan langsung (Internasional) ke Tanjung Pandan
Belitung (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno akan mengupayakan pembukaan rute penerbangan Internasional di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Saya akan meminta perizinan dari Kementerian Perhubungan untuk bisa di buka penerbangan langsung (Internasional) ke Tanjung Pandan," katanya di Sijuk, Belitung, Jumat.

Hal ini disampaikan Menparekraf Sandiaga ketika berkunjung ke desa wisata kreatif Terong di Kecamatan Sijuk, Belitung.

Ia mengatakan, Belitung merupakan salah satu destinasi pariwisata kelas dunia sehingga diharapkan layanan penerbangan internasional di Belitung dapat dibuka kembali.

Ia menambahkan, dirinya siap mengajukan izin pembukaan kembali rute penerbangan internasional tersebut di Belitung asalkan ada kegiatan berkelas dunia yang diselenggarakan di Belitung.

Menurut Sandi, Pemerintah Kabupaten Belitung harus bersama-sama menggagas kegiatan berkelas internasional seperti olahraga, musik, budaya, sejarah dan lain sebagainya.

"Sehingga bisa menarik wisatawan internasional datang ke Belitung, mungkin empat sampai lima kegiatan internasional," katanya.

Dikatakan dia, saat ini pihaknya sudah membidik dua negara untuk pembukaan rute penerbangan internasional yakni Malaysia dan Singapura.

"Yang kami bidik Kuala Lumpur dan Singapura, karena kedua negara ini sebelumnya juga sudah pernah, sekarang kami lagi ukur permintaan dari sana, akan terbuka peluangnya jika ada kegiatan yang kami siapkan," ujarnya.

Di samping itu, pihaknya juga akan meningkatkan sejumlah kegiatan pariwisata di daerah itu agar dapat naik kelas menjadi kegiatan internasional.

"Malam nanti ada kegiatan Pesona Belitung Beach Festival yang masuk dalam KEN 2023 kemudian kami akan kurasikan juga kegiatan lainnya agar dapat menjadi kegiatan kelas internasional," katanya.

Baca juga: Pemkab Belitung promosikan pariwisata melalui forum ASEAN HLTF-EI
Baca juga: Pasir Padi mengambil hati milenial
Baca juga: Belitung siapkan paket wisata "hopping island" bagi delegasi G20

 

Pewarta: Kasmono
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023