Jakarta (ANTARA) - Lima berita politik pada Jumat (2/6) yang masih menarik untuk dibaca dan menjadi perhatian publik, mulai dari pengemudi becak di Yogyakarta mendapatkan sembako dari Presiden Jokowi hingga pengamat meyakini bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo akan melanjutkan program kerja Jokowi.

Klik di sini untuk berita selengkapnya:

1. Para pengemudi becak Yogyakarta menerima sembako dari Presiden Jokowi

Sejumlah pengemudi becak di kawasan Alun-alun Utara, Kota Yogyakarta menerima bantuan paket sembako dari Presiden Joko Widodo pada Kamis malam.

Bingkisan berisi sembako itu diterima para pengemudi becak kala Presiden Joko Widodo mengunjungi warung Bakmi Jawa Pak Pele yang berlokasi di pojok Alun-alun Utara Yogyakarta sekitar pukul 20.00 WIB.

"Semua pengemudi becak di sini dapat (paket sembako)," ujar salah seorang pengemudi becak, Wawan Siswantoro (56).

Selengkapnya di sini.

2. Prabowo: Pertemuan Menhan AS-ASEAN wujud kemitraan strategis

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto mengatakan pertemuan para menteri pertahanan dari negara-negara anggota ASEAN dengan Menteri Pertahanan Amerika Serikat Lloyd J. Austin III di Singapura, Jumat, sebagai wujud kemitraan strategis yang terbangun antara kedua belah pihak.

Oleh karena itu, Prabowo yang turut hadir dalam pertemuan itu berharap ASEAN dan Amerika Serikat dapat meningkatkan kerja sama, terutama setelah terbentuknya Kemitraan Strategis Komprehensif ASEAN-AS pada 2022.

"Saya kira ini pertemuan yang baik dan hingga saat ini kami memiliki hubungan yang sangat baik dengan Amerika Serikat, dan kami berharap dapat melanjutkan kerja sama yang baik ini," kata Prabowo, sebagaimana dikutip dari keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Selengkapnya di sini.

3. Ganjar Pranowo-Bima Arya lari pagi di area Stadion Pakansari

Bakal calon presiden dari PDIP Ganjar Pranowo dan Wali Kota Bogor Bima Arya lari pagi bersama komunitas pelari di area Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat.

"Jadi hari ini ada (komunitas) Bogor Berlari dan ada juga Kawan Lari, ternyata banyak sekali pelari. Kalau kita berolahraga tidak hanya tubuh kita yang sehat tetapi otak kita insyaallah sehat," kata Ganjar di sela-sela lari pagi.

Gubernur Jawa Tengah itu tiba di Kawasan Cibinong sekitar pukul 05.30 WIB, kemudian berlari dari Jalan Tegar Beriman menuju Jalan Kolonel Edy Yoso Martadipura dan mengelilingi Stadion Pakansari.

Selengkapnya di sini.

Baca juga: Jokowi berbaur masyarakat nikmati kuliner bakmi legendaris Pak Pele

Baca juga: Presiden Jokowi resmikan Jembatan Kretek II di Kabupaten Bantul


4. PAN sambangi PDI Perjuangan bicarakan kerja sama koalisi dan capres

Pengurus DPP Partai Amanat Nasional (PAN) dijadwalkan mengunjungi Kantor DPP PDI Perjuangan di Jakarta, Jumat siang, untuk membicarakan penjajakan kerja sama koalisi dan bakal calon presiden (capres) Pilpres 2024.

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) membenarkan rencana pertemuan dirinya dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri yang akan berlangsung sekitar pukul 14.30-15.00 WIB di Jakarta, Jumat.

"Secara resmi, ini pertama kali kami (PAN) silaturahim bertemu Bu Megawati untuk melakukan pembicaraan penjajakan kerja sama koalisi Pilpres 2024," kata Zulkifli Hasan dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat.

Selengkapnya di sini.

5. Pengamat yakin Ganjar akan teruskan program Jokowi

Pengamat politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing meyakini bahwa bakal calon presiden dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo akan meneruskan program kerja Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi).

"Relawan (Jokowi, red.) mendukung Ganjar karena hanya Ganjar yang akan meneruskan program Jokowi," kata Emrus Sihombing dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat.

Emrus menjelaskan bahwa alasan hanya Ganjar yang akan meneruskan program kerja Jokowi, karena Jokowi dan Ganjar sama-sama kader PDI Perjuangan.

Selengkapnya klik di sini.

Baca juga: Ganjar percaya diri raih banyak dukungan maju Pilpres 2024

Baca juga: Bima Arya titip ke Ganjar kelak bisa mampir ke Bumi Ageung Batutuils

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2023