Jakarta (ANTARA) - Rafael Nadal menjalani prosedur artroskopi, Jumat, untuk memeriksa cedera pinggul yang membuatnya absen dari kompetisi sejak Australian Open pada Januari.

Menurut perwakilan Nadal, seperti disiarkan AFP, Sabtu, hasil dari prosedur pembedahan untuk menangani masalah sendi tersebut akan diketahui pada Sabtu, tepat pada hari ulang tahun ke-37 Nadal.

Bulan lalu, Nadal mengatakan bahwa cederanya belum sembuh seperti yang dia harapkan sehingga dia memutuskan mengambil lebih banyak waktu istirahat dari kompetisi.

Petenis Spanyol itu melewatkan French Open yang telah dia menangi sebanyak 14 kali, untuk pertama kalinya sejak 2004.

Dia juga akan absen di Wimbledon, di mana dia berhasil dua kali jadi juara, bulan depan.

Baca juga: Mundur dari French Open, Nadal sebut kemungkinan pensiun pada 2024

Pemenang gelar Grand Slam 22 kali itu mengatakan bahwa 2024 kemungkinan besar akan menjadi tahun terakhirnya dalam tur.

Nadal berharap cedera yang dia alami saat kalah di babak kedua Australian Open dari Mackenzie McDonald akan sembuh dalam enam pekan.

Nadal belum menetapkan tanggal untuk kembali berkompetisi, tetapi dia mengatakan Piala Davis pada November menjadi target potensial.

Sementara dia berusaha untuk pulih dari cedera, saingan lamanya Novak Djokovic memiliki peluang untuk memecahkan rekor juara Grand Slam yang saat ini mereka pegang -- 22 gelar turnamen major -- dengan memenangi French Open.

Djokovic, Jumat, mencapai babak 16 besar di Paris selama 14 tahun berturut-turut dan akan menghadapi Juan Pablo Virallas, peringkat ke-94 Peru, pada Minggu (4/6) untuk memperebutkan satu tempat di perempat final.

Baca juga: Alcaraz bermimpi main ganda dengan Nadal di Olimpiade Paris
Baca juga: Djokovic sebut "sebagian dirinya pergi" ketika Nadal pensiun

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023