Ini saya berikan (sejumlah uang) kepada ibu untuk minyak goreng di warung ini, jadi nanti silakan diberikan secara gratis kepada masyarakat saat hendak membeli
Palangka Raya (ANTARA) - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan meninjau Pasar Besar Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng), sekaligus berbagi dengan sejumlah masyarakat baik pembeli maupun pedagang yang ditemui.

"Ini saya berikan (sejumlah uang) kepada ibu untuk minyak goreng di warung ini, jadi nanti silakan diberikan secara gratis kepada masyarakat saat hendak membeli," kata Mendag Zulkifli Hasan kepada salah seorang pedagang yang ditemui, di Pasar Besar, Palangka Raya, Sabtu.

Selain kepada pedagang yang menjual minyak goreng, Mendag Zulkifli Hasan juga melakukan hal serupa kepada pedagang lainnya, seperti daging ayam ras hingga cabai.

Tak hanya kepada pedagang, Mendag juga  berbagi kepada sejumlah ibu-ibu yang hendak berbelanja kebutuhan pangan di Pasar Besar Palangka Raya.

Baca juga: Mendag bersama Uya Kuya dan Siti KDI ramaikan "Night Market" UMPR

Pada peninjauan pasar tersebut Mendag didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kalteng Nuryakin, Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin, serta jajaran pejabat lainnya.

"Kita bersama-sama lihat tadi, ketersediaan berbagai komoditas mencukupi, hanya saja yang mengalami cukup kenaikan tadi adalah daging ayam ras. Sekarang harganya berkisar antara Rp47 ribu hingga Rp49 ribu lebih per kilogram," kata Mendag.

Hal ini menjadi perhatian pihaknya dan akan ditindaklanjuti bersama dengan pemerintah daerah (pemda) agar harga daging ayam tersebut dapat kembali turun sehingga daya beli masyarakat tetap terjaga.

"Mengenai penyebabnya sembari kita kaji, apakah faktor logistik pengirimannya, transportasi maupun lainnya. Nanti kita akan lihat," ujar Mendag Zulkifli Hasan.

Adapun daging ayam ras untuk wilayah Kalteng berdasarkan data terakhir yang direkap Dinas Ketahanan Pangan (Dishanpang) provinsi, ketersediaannya mencapai 569 ton dengan kebutuhan sebanyak 451 ton, sehingga masih surplus sebanyak 118 ton atau ketahanan stok mencapai satu minggu.

Baca juga: Pemerintah jaga stabilitas harga daging dan telur ayam ras
Baca juga: Mendag ingatkan kestabilan pangan saat bertemu pengusaha unggas

 

Pewarta: Muhammad Arif Hidayat
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023