Beijing (ANTARA) - China Energy Investment Corporation (China Energy) akhir pekan ini mengumumkan telah mengoperasikan fasilitas penankap, pemanfaat dan penampung karbon (CCUS) di Provinsi Jiangsu, China. Ini adalah fasilitas  pembangkit listrik batu bara terbesar di Asia.

"Selama uji coba proyek ini, sistem CCUS menunjukkan kinerja yang andal dalam standar keselamatan yang tinggi. Selain itu  indikator efisiensi energi dan kualitas produknya setara dengan atau di atas level yang dirancang," kata Ji Mingbin, Presiden China Energy Cabang Jiangsu.

Dia mengungkapkan seluruh CO2 yang dihasilkan dan ditangkap akan bsia dimanfaatkan karena perusahaan itu sudah meneken kontrak dengan delapan perusahaan lainnya.

CO2 yang ditangkap digunakan terutama untuk manufaktur es kering  dan produksi gas pelindung yang digunakan untuk pengelasan, tutur Ji.

China Energy yang merupakan raksasa PLTU batu bara, adalah salah satu perusahaan terkemuka yang membangun proyek percontohan penangkapan dan penyimpanan karbon di China. 

Proyek tersebut menjadi salah satu bagian dari upaya China dalam mencapai target netral karbon pada 2060. 

Pewarta: Xinhua
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2023