Depok (ANTARA) - Duta besar RI di Amerika Serikat (AS) Rosan Perkasa Roeslani mengunjungi stan Universitas Indonesia (UI) di Walter E Washington Convention Center, yang merupakan lokasi penyelenggaraan NAFSA Convention and Expo 2023 ke-75 di Washington DC.

Dubes Rosan disambut Kepala Biro Humas dan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) UI Amelita Lusia bersama Kepala Kantor Urusan Internasional UI Baiduri Widanarko.

Pada kunjungan tersebut Rosan didampingi oleh Atase Pendidikan & Kebudayaan KBRI Diah Ayu Maharani dan Koordinator Substansi Umum, Kerja Sama, Humas Ditjen Dikti Kemdikbudristek Yayat Hendayana.

Melalui keterangan pers yang diterima di Depok, Sabtu, Amelita Lusia mengatakan lewat NAFSA, UI didorong melakukan internasionalisasi lembaga dengan cara membangun jejaring global yang lebih luas dengan para mitra pendidikan tinggi dari negara lain.

"Ajang ini mempertemukan berbagai pihak yang berkecimpung di dunia pendidikan, saling berbagi informasi cara menghadapi tantangan dengan berbagi pelajaran dari pengalaman, melihat dari perspektif yang beragam, dan pendekatan yang inovatif," katanya. 

Baca juga: UI ikuti ajang "Nafsa 2023 Annual Conference and Expo" di Washington

Amelita berharap setelah pertemuan dengan para mitra potensial di NAFSA, UI dapat melakukan kerja sama dengan mitra-mitra strategisnya.

NAFSA berlangsung pada 30 Mei - 2 Juni 2023. Selain UI, beberapa perguruan tinggi dari Indonesia ikut hadir sebagai peserta NAFSA, antara lain UGM, Universitas Padjajaran, Unair, Universitas Negeri Padang, Unhas, dan USU. 

Kepala Kantor Urusan Internasional UI Baiduri Wijanarko mengatakan stan UI telah dikunjungi ratusan orang pada pameran tersebut. Mereka merupakan mitra yang sudah bekerja sama melalui MoU dan ingin memperluas aktivitas kerja sama, maupun pihak yang tertarik membuka kerja sama akademik, joint lecturers, dan kolaborasi riset.

Sementara itu Plt Dirjen Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi (Diktiristek) Kemdikbudristek Nizam mengatakan keikutsertaan UI telah memperkuat nilai tawar lembaga pendidikan tinggi Indonesia pada  ajang tersebut, yang dibuktikan saat UI menciptakan kerja sama baru dan melanjutkan kerja sama lama dengan para mitra pendidikan tinggi dari seluruh dunia, melalui program-di bidang pendidikan, riset, dan inovasi.

Baca juga: Kemendikbud perluas akses perguruan tinggi RI di kancah global
 

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023