Seiring keluarnya Perpres terkait PWK Kecamatan Cidaun, informasinya akan dibangun jalan tol yang menghubungkan Cianjur-Bandung, sebagai penunjang, namun kami belum tahu berapa panjang dan detail pembangunannya
Cianjur (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, mendukung penuh terpilihnya Kecamatan Cidaun masuk dalam program studi Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) sehingga kecamatan terujung di Cianjur menjadi pusat pertumbuhan yang melayani skala provinsi dan antar-kabupaten/kota.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Cianjur, Eri Rihandiar di Cianjur Sabtu, mengatakan status Kecamatan Cidaun sebagai PWK sudah ada di Peraturan Presiden (Perpres) sesuai dengan kajian yang sudah dilakukan pemerintah pusat.

"Seiring keluarnya Perpres terkait PWK Kecamatan Cidaun, informasinya akan dibangun jalan tol yang menghubungkan Cianjur-Bandung, sebagai penunjang, namun kami belum tahu berapa panjang dan detail pembangunannya," kata Eri.

Pihaknya mendukung program yang diberikan pemerintah pusat ke Cianjur, karena pembangunan dan pengembangan berbagai sektor di wilayah selatan Cianjur akan lebih cepat dan terintegrasi dengan pembangunan yang dilakukan pemerintah daerah.

Pasal nya, ungkap Eri, untuk menunjang program pembangunan yang terhubung dengan jalan provinsi dan pusat, telah dilakukan pemerintah daerah dengan membangun jalan sepanjang 40 kilometer milik kabupaten yang membentang di wilayah selatan.

"Kami pemerintah daerah sangat mendukung dan merasa terbantu dengan dijadikannya Kecamatan Cidaun sebagai PWK karena berbagai pembangunan termasuk infrastruktur akan berjalan dengan cepat," katanya.

Pelaku usaha pariwisata di Kecamatan Cidaun, menyambut baik ditetapkannya Kecamatan Cidaun yang ditunjuk sebagai tempat program studi PWK dari pemerintah pusat, terlebih jalan tol sebagai penunjang akan dibangun dari Bandung ke Cianjur.

"Semoga pembangunan jalan tol segera terlaksana seiring masuknya Kecamatan Cidaun dalam program PWK pemerintah pusat, kami pelaku usaha pariwisata akan sangat terbantu karena angka kunjungan pastinya akan meningkat," kata pengelola Ocean View Karangpotong, Deden.

Baca juga: Pemkab Cianjur bebaskan tunggakan PBB tahun 1994-2014

Baca juga: Pemkab Cianjur siapkan anggaran perbaikan jalan kabupaten pada 2024

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023