Dua kekuatan besar antara parpol dan relawan wajib bersatu
Jakarta (ANTARA) -
Bakal calon presiden (capres) dari PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo meminta para relawan untuk bersinergi dengan partai politik (parpol) yang telah secara resmi menyatakan dukungan dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.
 
"Dua kekuatan besar antara parpol dan relawan wajib bersatu," ujar Ganjar saat Deklarasi Nasional Relawan Jokowi Dukung Ganjar Pranowo di Gedung Basket GBK, Jakarta, Sabtu.
 
Menurut Ganjar, kolaborasi keduanya dalam menggalang dukungan rakyat wajib hukumnya. Hal ini demi membangun kekuatan bersama dalam memenangkan kontestasi di 2024.
 
Adapun Ganjar tiba di Basket Hall Senayan didampingi Ketua DPP PDIP sekaligus Ketua Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Pilpres (TKRPP) Ahmad Basarah pada pukul 21.24 WIB. Ganjar menyempatkan diri menghadiri acara deklarasi selepas melakukan kunjungan ke Cirebon.

Ganjar dalam sambutannya mengapresiasi dukungan para relawan. Ia mengungkapkan bahwa tak sedikit WNI di Eropa yang turut melakukan deklarasi.

Baca juga: Ganjar Pranowo beberkan strategi menangkan Pilpres 2024
Baca juga: Pangeran Siahaan-Tsamara ikut deklarasikan Ganjar Pranowo capres 2024
 
Sebanyak 140 organ relawan Jokowi yang diwakili masing-masing ketua menyatakan dukungan kepada Ganjar. Gubernur Jawa Tengah (Jateng) itu dianggap tepat untuk melanjutkan sukses Jokowi dalam 10 tahun kepemimpinan.
 
“Kita galang kekuatan bersama-sama untuk memenangkan 2024,” tutur Ganjar.
 
Berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden dijadwalkan dimulai pada 19 Oktober sampai dengan 25 November 2023.
 
Sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (UU Pemilu), pasangan calon presiden dan wakil presiden diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu yang memenuhi persyaratan perolehan kursi paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPR atau memperoleh 25 persen dari suara sah secara nasional pada pemilu anggota DPR sebelumnya.
 
Saat ini, terdapat 575 kursi di parlemen sehingga pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Pilpres 2024 harus memiliki dukungan minimal 115 kursi di DPR RI. Selain itu, pasangan calon juga dapat diusung oleh parpol atau gabungan parpol peserta Pemilu 2019 dengan total perolehan suara sah minimal 34.992.703 suara.

Baca juga: Relawan Jokowi deklarasikan Ganjar Pranowo Capres 2024
Baca juga: Zulhas: PAN hormati tawaran PDI Perjuangan dukung Ganjar

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023