Jakarta (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengajak umat Buddha di Jakarta menjadikan Hari Raya Waisak 2567 Buddhis Era (BE)/2023 Masehi sebagai momentum untuk memperkuat toleransi sesuai nilai-nilai Pancasila.
 
"Saya mengucapkan selamat Hari Waisak 2567 BE/2023 M, semoga momentum ini menjadi pengingat kita semua untuk mengamalkan kebajikan dan berbagi terhadap sesama," kata Heru dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu.
 
Selain itu, Heru mengingatkan umat Buddha di Jakarta untuk menjaga kenyamanan dan ketenteraman, karena persatuan antarumat beragama mampu menciptakan toleransi yang sesuai dengan kaidah dan falsafah hidup bangsa Indonesia.
 
"Mari kita jadikan momentum ini sebagai pengingat diri untuk membina toleransi, sehingga antarumat beragama di Indonesia hidup rukun dan damai serta mampu mengamalkan nilai Dharma dalam kehidupan sehari-hari," ujar Heru.
 
Momentum perayaan Hari Waisak tahun ini, kata Heru, menjadi kesempatan seluruh umat beragama, khususnya umat Buddha di Jakarta agar senantiasa aktif mengamalkan kebajikan dalam kehidupan bermasyarakat.
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menghadiri perayaan Visakha Punnami Puja dalam rangka memperingati Hari Raya Waisak 2567 Buddhis Era (BE)/2023 Masehi bersama segenap umat Buddha di Jakarta di Vihara Jakarta Dhammacakka Jaya, Sunter, Jakarta Utara, Minggu (4/6/2023). ANTARA/HO-PPID DKI Jakarta

Heru juga mengajak seluruh umat Buddha di Jakarta untuk terus mendukung dan bersinergi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI sehingga program yang dijalankan pemerintah bisa selaras dengan kebutuhan, khususnya dalam hal keagamaan seperti fasilitas peribadatan.
 
"Saya percaya umat Buddha di Jakarta mampu memberikan kontribusi positif untuk kehidupan bermasyarakat dan ikut serta menjadi pilar penting dalam membangun bangsa dan negara Indonesia," kata Heru.
 
Dalam rangka memperingati Hari Raya Waisak 2567 BE/2023 Masehi, Heru didampingi Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim menghadiri perayaan Visakha Punnami Puja bersama umat Buddha di Jakarta di Vihara Jakarta Dhammacakka Jaya, Sunter, Jakarta Utara, Minggu.

Heru disambut Ketua Persatuan Umat Buddha Indonesia (Permabudhi) Phillip K Widjaja, Ketua Vihara Jakarta Dhammacakka Jaya Unico Husein serta para tokoh pemuka agama Buddha yang ada di Jakarta.
 

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023