Bob, malam ini kami mau memberikan sedikit atau mungkin penghormatan besar kepadamu
Jakarta (ANTARA) - Perhelatan The Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2023 ke-18 menampilkan sebuah sesi untuk menghormati musisi, arranger, dan produser jazz kenamaan Amerika, Bob James, bertajuk "Tribute to Bob James", Minggu.

Digelar di BNI Hall pada hari terakhir Java Jazz 2023, sesi penghormatan untuk sang musisi penggagas band Fourplay itu menampilkan sejumlah musisi kawakan di antaranya Kirk Whalum (saxophpnist), Keith Phelps (piano-keyboard-synth), Michael Palazzolo (bass), James Adkins (drums), dan Will Patrick (gitar).

Dari sektor vokal, proyek musik khusus tersebut juga menghadirkan Patti Austin, Larry Brags, dan Christie. "Tribute to Bob James" juga diperkuat oleh Ron King Horn Sections dan Indonesian String.

Baca juga: Ariel Noah "nge-Jazz" di penutupan Java Jazz Festival 2023

Bernama lengkap Robert McElhiney James, sosok musisi berusia 83 tahun tersebut meraih beberapa kali nominasi dari Grammy dan sempat memboyong dua piala yaitu Best Pop Instrumental Performance bersama Earl Klugh untuk "One on One" (1979) dan Best Jazz Fusion Performance, Vocal or Instrumental, bersama David Sanborn, untuk "Double Vision" (1986).
Perhelatan The Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2023 ke-18 menampilkan sesi "Tribute to Bob James", Minggu (4/6). (ANTARA/Ahmad Faishal)
"Bob, malam ini kami mau memberikan sedikit atau mungkin penghormatan besar kepadamu. Terima kasih juga kepada Sonny Abelardo yang bersama dengan Dewi (Gontha), telah menghadirkan sekitar 30 musisi ke atas panggung ini," ujar inisiator dan chairman Java Jazz Festval, Peter Gontha, sebelum membuka konser tersebut.

Secara apik, "Tribute to Bob James" band menampilkan beberapa karya terbaik milik sang musisi di antaranya "One Mint Julep", "Feel Like Making Love", "Between The Sheets", "Nautilus", "Since I Feel for You", "Angela", dan "The Closer I Get to You".

Pada momentum tersebut, Bob James sendiri juga turut menyumbangkan permainan jemari mengagumkan di atas tuts piano pada lagu "Westchester Lady" sebagai aksi pamungkas.

Baca juga: Saling puji The Groove-Dira di panggung Java Jazz 2023

Baca juga: Hibur massa Java Jazz, Dira kenang sosok ayah dan kebersamaan keluarga

Pewarta: Ahmad Faishal Adnan
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2023