juga ada program pelatihan dan pembinaan tenaga medis
Makassar (ANTARA) - Rumah Sakit Apung (RSA) dr Lie Dharmawan II mulai memberikan pelayanan kesehatan secara gratis di Pulau Jampea, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan.

Secara resmi, kedatangan Tim Medis RSA di Rumah Jabatan Wakil Bupati Selayar diterima langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Selayar Mesdiyono.

"Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar sangat berterima kasih atas adanya pelayanan kesehatan secara gratis bagi masyarakat di Pulau Jampea Kecamatan Pasimasunggu dan Pasimasunggu Timur," kata Mesdiyono melalui keterangannya di Makassar, Senin.

Menurutnya, pelayanan Rumah Sakit Apung ini merupakan salah satu solusi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terkait pelayanan kesehatan yang optimal, khususnya bagi warga yang berada di wilayah kepulauan dan jaraknya jauh dari rumah sakit.

Baca juga: Rumah sakit apung buka layanan gratis di Pulau Maradapan
Baca juga: RS Apung raih MURI sukses laksanakan operasi katarak terbanyak


Kordinator Tim Medis RSA dr Sitti Fatimah Dhara mengungkapkan sebanyak 39 Tenaga Kesehatan Rumah Sakit Apung dr Lie siap memberikan pelayanan kesehatan secara gratis bagi warga Pulau Jampea.

"Kami dari Doctor Share terdiri dari 39 tenaga medis, dokter spesialis tiga orang terdiri dari spesialis mata, anastesi, bedah, ada juga enam dokter umum, bidan, apoteker, analis, ada juga non medis yakni media," ujar dr Dara.

Dikatakan, kegiatan ini menargetkan 100 pasien, namun dari hasil skrining mencapai 145 pasien. Selain fokus pada operasi katarak, juga akan melaksanakan operasi bedah mayor (besar) dan operasi minor (kecil) yang langsung ditangani di atas kapal.

"Di samping tindakan-tindakan medis, seperti poli umum, poli kandungan dan pelayanan medis lainnya, juga ada program pelatihan dan pembinaan tenaga medis serta program edukasi kesehatan untuk masyarakat,” tambah dr dara.

Untuk memberi pelayanan medis kepada masyarakat, Rumah Sakit Apung dr Lie Dharmawan II akan sandar di Pelabuhan Jampea dan menggelar pelayanan dan tindakan medis langsung di atas kapal.

Baca juga: Satgas COVID-19 belum memerlukan bantuan RSA Nusa Waluya II
Baca juga: RSA Nusa Waluya II akan tambah alat bedah Laparoscopy dan ruang bedah
Baca juga: Rumah Sakit Apung layani korban bencana Palu

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023