Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa bidang politik terjadi pada Senin (5/6), mulai dari Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menerima kunjungan resmi Menhan Jerman, hingga gelaran Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023 di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Berikut sajian berita bidang politik yang dirangkum LKBN ANTARA.

1. Menhan Prabowo terima kunjungan resmi Menhan Jerman

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan resmi Menteri Pertahanan Jerman Boris Pistorius di Jakarta, Senin.

Menhan Pistorius tiba sekitar pukul 14.30 WIB didampingi Duta Besar Jerman untuk Indonesia Ina Lepel dan disambut langsung oleh Menhan Prabowo di Lapangan Bela Negara, Kementerian Pertahanan RI.

Selengkapnya di sini.

2. Prabowo tegaskan kerja sama Indonesia-Australia penting bagi kawasan

Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto menegaskan kerja sama antara Indonesia dan Australia memiliki makna penting dalam upaya menjaga perdamaian dan stabilitas kawasan.

"Kerja sama Indonesia bersama Australia dapat memberikan kontribusi penting bagi perdamaian dan stabilitas kawasan," kata Prabowo saat menerima kunjungan Wakil Perdana Menteri (PM) sekaligus Menhan Australia Richard Marles di Kantor Kementerian Pertahanan RI, Jakarta, Senin.

Selengkapnya di sini.

3. Gubernur Lemhannas: Usulan Prabowo tekankan solusi damai Rusia-Ukraina

Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) RI Andi Widjajanto menilai usulan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto pada forum Shangri-La Dialogue Ke-20 di Singapura menekankan pada solusi damai untuk mengakhiri perang antara Rusia dan Ukraina.

Andi, sebagaimana dikutip dari siaran tertulis Lemhannas RI di Jakarta, Senin, menjelaskan Menhan RI lewat usulannya itu berupaya mendorong pihak-pihak yang berkonflik agar menghentikan kekerasan senjata yang masih terjadi sampai saat ini.

Selengkapnya di sini.

4. LSI Denny JA nilai Golkar diuntungkan bila Koalisi Perubahan batal

Peneliti LSI Denny JA, Ade Mulyana, menilai Partai Golkar akan diuntungkan apabila Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) gagal terbentuk.

“Jika Anies gagal mendapatkan tiket capres dari Koalisi Perubahan, peluang Partai Golkar justru lebih hidup,” ujar Ade dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin.

Selengkapnya di sini.

5. Angkatan Laut 36 negara meriahkan MNEK 2023 di Makassar

Angkatan Laut (AL) dari 36 negara memeriahkan pembukaan latihan bertaraf internasional Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023 di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), dengan mengusung tema Partnership To Recover And To Rise Stronger.

"Suatu kehormatan kegiatan persahabatan ini dapat dilaksanakan di Kota Makassar," kata Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono,saat membuka kegiatan tersebut di Makassar, Senin.

Selengkapnya di sini.

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2023