Makassar (ANTARA) - Duta Besar Italia untuk Indonesia H.E Benedetto Latteri memaparkan strategi diplomasi ekonomi
Eropa pada kuliah umum yang diselenggarakan oleh Universitas Hasanuddin di Ruang Senat Kampus Unhas Tamalanrea, Makassar, Selasa.

Dalam kesempatan tersebut, Benedetto memberikan gambaran tentang tinjauan ekonomi bilateral hingga proses diplomasi. Tidak hanya itu, Benedetto juga banyak menjelaskan tentang hubungan kerja sama yang terjalin antara Indonesia dan Italia.

"Ada enam strategi proses diplomasi yang diterapkan oleh Italia, salah satunya diplomasi dalam bidang ekonomi. Italia merupakan negara yang memimpin dalam hal perputaran ekonomi sirkular di atas Jerman, Spanyol dan Prancis. Italia terbesar kedua di dunia dan menjadi negara pertama di Eropa dalam hal ekspor," kata Benedetto.

Sementara itu, Sekretaris Universitas Prof Sumbangan Baja, MPhil PhD, dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang kepada Dubes Italia ke Unhas. Dirinya memberikan gambaran umum tentang Unhas serta potensi dan prestasi yang dimiliki.

Baca juga: Dubes Italia kunjungi Unismuh perkuat kerja sama dengan Indonesia

Baca juga: Kemlu: kerja sama ANTARA-ANSA tunjukkan hubungan erat Indonesia-Italia


"Sebagai perguruan tinggi, Unhas memiliki komitmen dalam mendorong peningkatan kualitas pada berbagai sektor. Unhas merupakan PTN terbesar dengan berbagai capaian tidak hanya di bagian Timur Indonesia. Untuk itu, upaya berkelanjutan terus dilakukan termasuk memperluas kemitraan berbagai pihak," ucap Prof. Sumbangan.

Pada kesempatan tersebut, para peserta yang merupakan mahasiswa Unhas dari berbagai fakultas aktif memberikan pertanyaan dan berdiskusi dengan narasumber. Kegiatan yang menghadirkan kurang lebih 200 peserta tersebut berlangsung lancar.

Selain hadir di Unhas, Dubes Benedetto juga menyempatkan hadir dan memberikan kuliah umum di Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar.

Benedetto dalam kesempatan ini membawakan kuliah tamu berjudul “Italy: Between Its Traditions and Innovations” yang dipandu Wakil Dekan I Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Unismuh Makassar dr Andi Weri Sompa.*

Baca juga: Dirjen Kemenlu sampaikan bela sungkawa wafatnya Dubes RI untuk Italia

Baca juga: Dubes Inggris dan Italia temui aktivis muda iklim Indonesia

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023