Istanbul (ANTARA) - China menegaskan bahwa perdamaian dan stabilitas di kawasan Teluk sangat penting untuk menjaga perdamaian dunia.

“Menjunjung perdamaian dan stabilitas wilayah Teluk di Timur Tengah berdampak pada kesejahteraan negara dan orang-orang di wilayah tersebut, dan sangat penting untuk menjaga perdamaian dunia, mendorong pertumbuhan ekonomi global, dan menjaga stabilitas pasokan energi," ujar Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin dalam jumpa pers di Beijing pada Senin (5/6).

Pernyataan tersebut dia sampaikan ketika menanggapi laporan bahwa Iran, Arab Saudi, Uni Emirat Arab (UAE), dan negara Teluk lainnya sedang mempertimbangkan untuk membentuk aliansi angkatan laut--yang turut mencakup India dan Pakistan.

Wang menyatakan dukungan China untuk negara-negara kawasan Timur Tengah dalam menyelesaikan perselisihan dan memupuk hubungan bertetangga yang baik dan persahabatan melalui dialog dan konsultasi.

"China mendukung negara-negara kawasan tersebut dalam mendorong pembangunan melalui solidaritas, dan menjaga masa depan mereka di tangan mereka sendiri," kata dia.

Wang pun menegaskan bahwa China akan terus memainkan peran positif dan konstruktif dalam mempromosikan perdamaian dan stabilitas kawasan.

Laporan mengenai pasukan angkatan laut gabungan untuk melindungi keamanan di Teluk Persia muncul setelah UAE pekan lalu menyatakan telah menarik diri dari Pasukan Maritim Gabungan pimpinan AS, yang beroperasi di perairan Teluk.

Namun, UAE mengatakan tetap berkomitmen untuk memastikan keamanan navigasi di lautnya sendiri sejalan dengan hukum internasional.


Sumber: Anadolu
Baca juga: Uni Emirat Arab mundur dari Pasukan Maritim Gabungan pimpinan AS
Baca juga: Menlu Qatar ingin negara-negara Teluk Arab berdialog dengan Iran
Baca juga: Di tengah ketegangan, Iran dan China teken 20 perjanjian kerja sama

Penerjemah: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023