Kain batik maupun selendang batik koleksi pribadi dari istri Bung Hatta, Rachmi Hatta, ini direncanakan disimpan di ruang penyimpanan dan masih kami siapkan untuk bisa ditampilkan (display) bertepatan pada perayaan Hari Jadi Kota Pekalongan
Pekalongan (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan, Jawa Tengah, melakukan serangkaian identifikasi kondisi fisik sumbangan sebuah kain panjang dan selendang batik dari keluarga besar Wakil Presiden Pertama RI Bung Hatta.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Museum Batik Pekalongan Akhmad Asror di Pekalongan, Jawa Tengah, Selasa, mengatakan bahwa proses identifikasi itu antara lain meliputi detail motif serta bahan dan teknis pembuatannya.

"Proses ini nantinya akan dimasukkan pada lembar inventaris sehingga bisa diketahui identifikasi untuk penanganan konservasinya," kata Akhmad Asror.

Menurut dia, secara kasat mata memang ada ada sobekan sedikit pada kain selendang karena bahannya juga berbeda dengan yang kain panjang.

Baca juga: Museum Batik Pekalongan didorong tambah koleksi untuk daya tarik

Kondisi tekstur pada kain selendang, kata dia, agak kering sehingga penanganannya juga berbeda dengan yang kain panjang.

Ia mengatakan pada kain batik maupun selendang batik yang diberikan keluarga besar Bung Hatta yang merupakan hasil karya Iwan Tirta tersebut terdapat lapisan emas meski ada beberapa titik yang mengalami pemudaran.

Untuk ukuran kain panjang, kata Akhmad Asror, mencapai sekitar 2,5 meter dan selendang batik berukuran dua meter.

"Kain batik maupun selendang batik koleksi pribadi dari istri Bung Hatta, Rachmi Hatta, ini direncanakan disimpan di ruang penyimpanan dan masih kami siapkan untuk bisa ditampilkan (display) bertepatan pada perayaan Hari Jadi Kota Pekalongan," kata Akhmad Asror.

Baca juga: Museum Batik Pekalongan bangun keterlibatan publik dongkrak pengunjung
 
 

Pewarta: Kutnadi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023